Salin Artikel

Taman Tempat Mantan Agen Rusia yang Diracun Segera Dibuka Kembali

Taman yang berada di kawasan Salisbury, Wiltshire itu sejak 4 Maret lalu ditutup garis polisi dan dilarang dimasuki warga.

Melansir dari Daily Mail, kepolisian telah mengembalikan kawasan yang ditutup kepada dewan kota.

Setelah dilakukan proses dekontaminasi oleh petugas dari Departemen Lingkungan, Makanan dan Urusan Pedesaan, dewan kota menyatakan taman sudah aman untuk dikunjungi warga.

Selain taman, pusat perbelanjaan Maltings, yang berada di sekitar bangku taman tempat Sergei dan putrinya, Yulia, ditemukan tergeletak, juga akan kembali dibuka untuk pertama kalinya setelah lebih dari 11 pekan ditutup.

Para pemilik dan penjaga toko akan segera bisa kembali memasuki toko mereka dan melakukan persiapan untuk kembali buka.

Ketua Tim Pemulihan Salisbury Wiltshire, Alistair Cunningham mengatakan, kawasan tersebut sudah aman untuk dimasuki warga.

"Persiapan untuk membuka kembali jalan Maltings dan kawasan bisnis yang terkena dampak sekarang sedang berlangsung."

"Ini adalah momen penting yang menandakan pemulihan Salisbury berjalan dengan baik," kata juru bicara Dewan Kota Wiltshire.

Sementara sejumlah lokasi lain yang berpotensi ikut terdampak serangan racun saraf yang menargetkan mantan agen Rusia, seperti kawasan Zizzi dan kelab The Mill, kini masih dalam proses pembersihan.

"Sedangkan kediaman Skripal masih dalam penyelidikan polisi," tambah juru bicara.

Bangku tempat ditemukannya Skripal dan putrinya telah diamankan dan dimusnahkan. Sedangkan pekerjaan akhir seperti pemotongan rumput dan perbaikan lainnya akan selesai dalam beberapa hari ke depan.

"Setelah dilakukan operasi pembersihan yang luas di Salisbury untuk menghilangkan kontaminasi dari serangan racun saraf, pekerjaan dekontaminasi di Maltings telah selesai," kata juru bicara Defra.

"Lokasi ini telah diperiksa tim spesialis dan benda-benda yang diduga mungkin mengandung sejumlah residu racun telah dimusnahkan."

"Semua limbah telah dibuang dengan aman. Situs telah diserahkan kembali ke Dewan Wiltshire, yang akan memutuskan waktu yang tepat untuk dibuka kembali kepada publik," tambahnya.

Kawasan Maltings merupakan satu dari sembilan daerah di Salisbury yang diidentifikasi oleh para ahli perlu didekontaminasi setelah insiden serangan racun saraf.

https://internasional.kompas.com/read/2018/05/24/09572831/taman-tempat-mantan-agen-rusia-yang-diracun-segera-dibuka-kembali

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke