Salin Artikel

Israel Rilis Daftar Terbaru Pemimpin Hamas Paling Dicari

Situs tersebut sebelumnya juga telah mempublikasikan daftar anggota Hamas yang dicari. Beberapa di antaranya telah terbunuh dalam peperangan Israel pada 2014 di Gaza.

Kini daftar tersebut kembali diperbarui dan yang berada di peringkat teratas sebagai orang yang paling dicari adalah Panglima Brigade Izz Ad-Din Al-Qassam, Mohammed Deif.

Menurut situs tersebut, Deif sebelumnya sempat terluka dalam upaya pembunuhan sebelumnya.

Namun dia berhasil selamat dan kini masih menjabat sebagai komandan militer Hamas dan mengatur Brigade Qassam.

Menurut daftar dalam situs tersebut, wakil Deif, Marwan Issa juga termasuk tokoh Hamas yang diincar Israel. Nama lainnya yakni pemimpin brigade cabang utara, Ahmed Al-Ghandour.

Al-Ghandour merupakan tokoh Hamas yang berperan dalam operasi penangkapan tentara kependudukan Israel, Gilad Shalit pada 2006.

Tokoh pemimpin Hamas lainnya, yakni Komandan Brigade Khan Yunis, Muhammad Al-Sunwar, yang telah bergabung dengan Brigade Qassam sejak 1990-an.

Al-Sunwar juga berhasil selamat dari enam percobaan pembunuhan yang dilancarkan Israel, bahkan sempat ditahan oleh Israel dan juga otoritas Palestina.

Tak hanya mengincar tokoh Hamas yang berada di Gaza, daftar buronan yang dirilis Israel turut mencantumkan nama anggota Hamas yang berada di luar negeri.

Di antaranya adalah Maan Al-Khatib yang berada di Malaysia, serta Mahmoud Atoun dan Musa Akkari yang dilaporkan tengah tinggal di Turki.

https://internasional.kompas.com/read/2018/05/21/19450071/israel-rilis-daftar-terbaru-pemimpin-hamas-paling-dicari

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke