Salin Artikel

Koalisi Arab Saudi Selamatkan Anak Empat Tahun dari Milisi Houthi

 

Juru bicara koalisi, Kolonel Turki Al-Maliki menyatakan pada Sabtu (19/5/2018), anak perempuan tersebut telah dikirim kepada perwakilan pemerintahan Yaman yang sah.

Al-Maliki mengatakan, Pasukan Nasional Yaman (YNA) telah menahan ayah dari bayi perempuan tersebut saat menggelar operasi di wilayah gubernuran Sadah.

Dia juga mengklarifikasi, saat pasukan YNA bergerak maju, sebuah kendaraan bersenjata yang dikemudikan militan Houthi datang menyerang.

"Selama tahap pemantauan, tampak jelas bahwa ada anak kecil di dalam kendaraan tersebut," kata Al-Maliki dilansir Arab News, Senin (21/5/2018).

Selanjutnya, pasukan YNA mengambil segala tindakan pencegahn demi memastikan keselamatan anak perempuan tersebut.

Tentara YNA kemudian melakukan serangan dengan tujuan menimbulkan kerusakan yang cukup untuk menghentikan laju kendaraan milisi.

Setelah berhasil menghentikan kendaraan milisi, anggota pasukan YNA segera menahan pengemudi, yang kemudian diidentifikasi sebagai komandan lapangan milisi Iran-Houthi.

Bersama anggota milisi tersebut turut disita sejumlah senapan taktis. Sementara di dalam kendaraan terdapat seorang anak perempuan yang berpakaian laki-laki.

Diketahui kemudian bahwa pengemudi kendaraan adalah ayah dari anak tersebut dan si anak perempuan sengaja dibawa sebagai 'perisai manusia'.

Pasukan Koalisi Gabungan yang diwakili Unit Perlindungan Anak memberikan perawatan yang dibutuhkan sebelum kemudian mengkoordinasikan untuk mengembalian anak tersebut kepada keluarganya.

Selain memulangkannya kepada keluarga, Komando Pasukan Gabungan turut memberikan bantuan kepada keluarga anak perempuan tersebut.

Al-Maliki menegaskan, milisi Houthi telah secara sengaja dan terang-terangan melanggar hukum kemanusiaan internasional dengan menggunakan anak-anak ke medan perang.

https://internasional.kompas.com/read/2018/05/21/15240011/koalisi-arab-saudi-selamatkan-anak-empat-tahun-dari-milisi-houthi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke