Salin Artikel

Putin Bakal Tempatkan Lebih Banyak Rudal Balistik Baru di Tahun Ini

Pernyataan tersebut disampaikan Putin di hadapan petinggi Kementerian Pertahanan di Sochi, seperti dilansir TASS via Newsweek Rabu (16/5/2018).

"Sesuai dengan program persenjataan negara tahun ini, kami bakal mengganti ICBM Topol yang sudah tua dengan rudal Yars," kata Putin.

RS-24 Yars, atau Topol-MR, merupakan versi terbaru dari rudal balistik Topol yang diperkenalkan oleh Rusia pada 2010.

Rudal dengan panjang 20,9 meter, dan bisa menempuh jarak hingga 12.000 kilometer itu bisa ditempatkan di kendaraan pengangkut, maupun menara peluncur.

Selain misil, Putin juga mengumumkan bakal dilakukan modernisasi di sektor penerbangan militer.

Dia menyatakan bakal dilakukan pembaruan terhadap pesawat pembom strategis Tupolev Tu-95MS dan Tu-160.

Kedua pesawat tersebut bakal diperbarui dengan menambahkan rudal penjelajah yang bisa menempuh jarak 5.000 kilometer, Kh-101 dan Kh-102.

Kemudian, Putin juga meminta jajarannya di kemenhan untuk mulai memaksimalkan sistem pertahanan udara S-500 yang bisa menghancurkan obyek hingga luar angkasa.

Sebelumnya, Putin telah memperkenalkan sejumlah senjata baru Rusia. Termasuk di antaranya rudal balistik kelas berat yang bisa dipasang hulu ledak nuklir, RS-28 Sarmat.

Dalam simulasi perkenalan di awal Maret lalu, rudal yang bisa diisi hulu ledak nuklir dengan nama lain Satan 2 itu mampu menjangkau Florida, Amerika Serikat (AS).

https://internasional.kompas.com/read/2018/05/17/16004921/putin-bakal-tempatkan-lebih-banyak-rudal-balistik-baru-di-tahun-ini

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke