Salin Artikel

Estimasi Biaya Pernikahan Pangeran Harry-Meghan Capai Rp 609 Miliar

Pangeran Harry dan aktris asal Amerika Serikat, Meghan Markle, bakal mengikat janji suci. Mulai dari gaun, mahkota, makanan, dan keamanan, pernikahan kerajaan akan mengundang tanya mengenai berapa biaya yang dihabiskan.

Kepada CNBC, seorang perencana pernikahan di Inggris, Aimee Dunne, memperkirakan biaya pernikahan Harry-Meghan akan mencapai hampir 2 juta poundsterling atau Rp 38 miliar.

Angka itu belum termasuk biaya untuk keamanan yang jumlahnya lebih fantastis yang mencapai 30 juta poundsterling atau Rp 571 miliar.

Berikut rincian biaya pernikahan Pangeran Harry-Meghan, seperti dilansir dari CNBC.

Makanan dan minuman: Rp 9,5 miliar

Sebanyak 600 tamu yang akan menghadiri jamuan makan siang dan makan malam pada acara resepsi, ditambah 2.640 tamu dari warga biasa yang akan menimati teh dan kudapan di Istana Windsor.

Dunne memperkirakan, makanan dan minuman akan menghabiskan seperempat total biaya pernikahan.

"Akan ada banyak sampanye dan whiskey, saya yakin itu," katanya.

Rumah kaca: Rp 5,6 miliar

Pangeran dan calon duchess kerajaan Inggris tidak perlu membayar sewa Kapel St George atau aulanya. Namun, keduanya diperkirakan bakal mendirikan rumah kaca besar untuk resepsi.

Biaya konstruksi dan pengirimannya mecapai Rp 5,6 miliar.

Meghan bakal mengenakan gaun pernikahan dari Ralph & Russo, rumah mode perancang terkenal di London yang juga pernah melayani klien dari kalangan selebriti seperti Gwyneth Paltrow, Angelina Jolie, dan Beyonce.

Meghan diprediksi akan mengganti gaunnya pada resepsi malam hari.

Bunga: Rp 1,8 miliar

Anggaran untuk bunga sering jauh lebih mahal dari yang diharapkan. Rumah kaca untuk venue pernikahan juga membutuhkan anggaran bunga yang lebih tinggi.

Ruang kosong yang sangat besar bakal bergantung pada bunga dan dekorasi untuk mempercantik suasana.

Lain-lain

Sisa dari bujet akan digunakan untuk keperluan lain, termasuk hiburan.

Istana Kensington mengumumkan, musik akan melibatkan peran James Vivian yang merupakan direktur muik dari Kapel St George di Istanan Windsor, termasuk paduan suara, dan grup atau musisi tunggal.

Terakhir, biaya keamanan: Rp 571 miliar

Situs Bridebook memperkirakan biaya keamanan akan mencakup penempatan ribuan petugas polisi tambahan, penembak jitu di atas atap, dan sistem penangkal pesawat tanpa awak.

Sebagian besar biaya keamanan bakal ditanggung oleh pembayar pajak di Inggris.

Itulah mengapa muncul petisi agar pemerintah membuka berapa banyak uang pajak yang digelontorkan untuk biaya keamanan pernikahan Pangeran Harry-Meghan.

"Pembayar pajak tidak seharusnya membiaya pernikahan pribadi, tidka peduli siapa yang menikah," tulis petisi tersebut.

https://internasional.kompas.com/read/2018/05/17/12304641/estimasi-biaya-pernikahan-pangeran-harry-meghan-capai-rp-609-miliar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke