Salin Artikel

Ternyata, AS Bukan Negara Pertama yang Buka Kedutaan di Yerusalem

Namun ternyata dalam sejarahnya, AS bukanlah negara pertama yang membuka kantor kedutaannya di Yerusalem.

Melansir dari AFP, sejumlah negara Afrika dan Amerika Latin tercatat pernah memiliki kedutaan besar di Yerusalem, beberapa di antaranya bahkan diperkirakan akan kembali.

Sebelum tahun 1973, tiga negara yakni Pantai Gading, Zaire (kini Republik Demokratik Kongo) dan Kenya, disebut pernah memiliki kedutaan di Yerusalem.

Namun seusai perang Yom Kippur antara Arab dengan Israel, ketiganya memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel dan memindahkan misi mereka ke Tel Aviv.

Pada 1980, Dewan Keamanan PBB mengecam langkah Israel yang mengklaim Yerusalem dan kawasan timur Palestina sebagai ibu kotanya. PBB pun menyerukan negara-negara yang telah memiliki misi diplomatik di Yerusalem untuk menariknya.

Belanda, Haiti dan sejumlah negara Amerika Latin mematuhi seruan PBB.

Empat tahun berselang, yakni pada 1984, Kosta Rika dan El Savador memutuskan kembali membuka kedutaan di Yerusalem, namun pada 2006 kembali pindah.

Kini, tepat pada Senin (14/5/2018), AS secara resmi memindahkan kedutaannya dari Tel Aviv ke Yerusalem, menyusul pengakuan Presiden Donald Trump terhadap kota itu sebagai ibu kota Israel pada Desember 2017.

Setelah AS, ke depan sejumlah negara juga sudah merencanakan akan membuka kedutaan besarnya di Yerusalem, salah satunya Guatemala yang akan meresmikan pada 16 Mei, serta Paraguay yang mengumumkan akan mengikutinya.

Selain kedua negara itu, Rumania, melalui parlemennya, turut menimbang rencana menjadi negara Uni Eropa pertama yang membuka kedutaan di Yerusalem. Namun rencana itu ditentang Presiden Klaus Iohannis.

Presiden Ceko, Milos Zeman juga mengatakan ingin melihat kedutaan negaranya dipindah ke Yerusalem.

https://internasional.kompas.com/read/2018/05/14/22460621/ternyata-as-bukan-negara-pertama-yang-buka-kedutaan-di-yerusalem

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke