Salin Artikel

Biografi Tokoh Dunia: George Lucas, Pencipta Kisah Epik Star Wars

Namanya seolah telah menjadi jaminan sukses bagi sebuah film yang dibuatnya. Namun bagaimana kisah perjalanan kariernya hingga akhirnya bisa bisa sebesar sekarang?

Awal Kehidupan

Terlahir dengan nama George Walton Lucas Junior pada 14 Mei 1944 di Modesto, California. Kedua orangtuanya memiliki bisnis penjualan peralatan perkantoran dan memiliki perkebunan buah kenari.

Lucas muda awalnya lebih terobsesi untuk menjadi seorang pebalap. Namun sebuah kecelakaan nyaris fatal yang dialaminya hanya beberapa hari menjelang kelulusan SMA membuatnya berubah pikiran.

Dia pun beralih mengembangkan minat terhadap sinematografi dan trik kamera. Setelahnya, atas saran seorang teman, Lucas pindah ke sekolah khusus pembuatan film di Universitas Southern California.

Di sana dia mulai menggeluti seluk beluk film fiksi ilmiah dan menghasilkan film pendek bertema futuristik pertamanya, Electronic Labyrinth: THX 1138 4EB.

Film berdurasi 15 menit itu meraih juara pertama dalam Festival Film Pelajar Nasional yang dilangsungkan pada 1965. Setahun setelahnya, pada 1966, Lucas lulus dan meraih gelar sarjana dari jurusan film.

Lucas sempat menjalani program magang selama setengah tahun pada 1967 di Warner Brothers. Ketika itu dia bekerja di bawah sutradara ternama, Francis Ford Coppola, di mana Lucas ikut terlibat dalam produksi film berjudul Finian’s Rainbow (1968).

Pada 1971, Coppola yang memuji film pendek Lucas semasa kuliah berhasil membujuk studio Warner Brothers dan Seven Arts untuk membuat versi panjangnya. Namun film itu terlalu sukses di pasaran.

Lucasfilm dan Lahirnya Star Wars

Pada 1971, Lucas mendirikan perusahaan produksi film sendiri yang diberi nama Lucasfilm Ltd.

Dia kemudian membuka divisi khusus spesial efek Industrial Light & Magic (ILM) pada 1975, yang kemudian akan menjadi salah satu pembuat spesial efek paling bergengsi di Amerika.

Film yang diproduksi dengan dana terbatas di bawah 1 juta dollar dan dalam waktu kurang dari satu bulan itu, secara mengejutkan meraih sukses di pasaran.

Bahkan menjadi salah satu film terlaris, dan praktis memberi keuntungan yang cukup besar pada masanya.

Kesuksesan film American Graffiti telah memungkinkan Lucas untuk mendanai proyek yang telah diimpikanya selama beberapa tahun.

Kala itu, film bertema fiksi ilmiah kurang mampu meraih sukses di pasaran, meski ada beberapa pengecualian seperti Planet of the Apes (1968) dan 2001: A Space Odyssey (1968).

Namun dengan Star Wars (1977) yang ditulisnya, Lucas sukses membawa perubahan pada arah tren perfilman Hollywood kala itu.

Star Wars yang banyak mengambil ide-ide dari mitranya Joseph Campbell dan kisah The Hidden Fortress (1958) karya Kurosawa Kakushi, dengan cepat menjadi populer dan menjadi salah satu film terlaris dalam sejarah.

Film ini turut menjadi film pertama Lucas yang diproduksi dengan anggaran luar biasa dan prosesnya sampai ke Inggris untuk memangkas biaya produksi yang mahal di Hollywood.

Saga Star Wars meraih sukses hingga dibuat sekuel bahkan hingga saat ini. Selain Star Wars, Lucas juga menjadi sosok yang menciptakan tokoh arkeolog petualang, Indiana Jones.

Dari layar lebar, Indiana Jones sempat masuk ke layar kaca dalam serial yang diproduksi pada 1992 hingga 1993, namun tidak terlalu sukses.

Selama bertahun-tahun Lucasfilm terus berkembang hanya dari cerita sukses saga Star Wars dan Indiana Jones. Hingga pada 2012, Lucas memutuskan menjual Lucasfilm pada Walt Disney senilai 4 miliar dollar AS.

Kehidupan di Luar Film

Selain dikenal sebagai sineas kenamaan, Lucas juga mendedikasikan dirinya untuk membantu di bidang pendidikan dengan mendirikan Yayasan Pendidikan George Lucas pada awal 1990-an.

Lucas pernah menikah dengan Marcia Griffin yang seorang editor film. Namun mereka bercerai pada 1983.

Lucas mengasuh anak angkat mereka Amanda dan mengadopsi dua anak lagi Katie dan Jett usai bercerai.

Lucas kembali menikah pada Juni 2013 dengan Mellody Hobson yang lebih muda 25 tahun. Dari pernikahannya kali ini Lucas mendapat seorang putri yang diberi nama Everest.

https://internasional.kompas.com/read/2018/05/14/21211631/biografi-tokoh-dunia-george-lucas-pencipta-kisah-epik-star-wars

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.