Salin Artikel

Bentrokan Pecah di Jalur Gaza Jelang Peresmian Kedutaan AS

Insiden bentrok terjadi antara ribuan warga Palestina yang menggelar aksi protes di dekat perbatasan Gaza.

Sejumlah peserta protes mulai melempari pagar perbatasan dengan batu dan mencoba menerobos. Sementara di sisi lain perbatasan pasukan penembak jitu dari militer Israel telah bersiap.

Para korban tewas maupun luka dilaporkan akibat terkena peluru yang dilepaskan militer Israel dari sisi lain perbatasan. Demikian disampaikan Kementerian Kesehatan Gaza.

Militer Israel mengatakan ada sekitar 10.000 orang yang berkumpul di sepanjang perbatasan Jalur Gaza dan ribuan lainnya yang berkumpul di tenda-tenda yang berjarak sekitar 500 meter dari pagar keamanan.

Militer Israel mengerahkan sekitar 1.000 personil untuk berjaga di sekitar kedutaan AS menjelang peresmian. Jumlah hampir dua kali lipat dikerahkan di perbatasan Gaza dan Tepi Barat yang diduduki.

Mereka juga menyebar selebaran peringatan yang ditujukan kepada warga Gaza untuk menjauh dari pagar perbatasan.

"Kami akan melindungi warga sipil kami dengan segala cara demi mencegah pihak yang menerobos pagar," kata Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman.

Acara peresmian kantor kedutaan AS dijadwalkan dilangsungkan pada Senin (14/5/2018) pukul 16.00 waktu setempat. Peresmian akan dihadiri sekitar 800 tamu undangan, termasuk delegasi AS, meski tidak dihadiri langsung oleh Presiden Donald Trump.

Delegasi AS dipimpin Wakil Menteri Luar Negeri AS John Sullivan dan turut membawa penasihat sekaligus putri presiden, Ivanka Trump dan suaminya Jared Kushner yang bertindak sebagai Asisten Gedung Putih, serta Menteri Keuangan Steven Mnuchin.

Sejumlah delegasi negara asing termasuk AS tiba pada Minggu (13/5/2018) dan disambut langsung oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

https://internasional.kompas.com/read/2018/05/14/19121331/bentrokan-pecah-di-jalur-gaza-jelang-peresmian-kedutaan-as

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke