Salin Artikel

Pompeo: AS Berjanji ke Kim Jong Un Tidak Akan Ada Ganti Rezim

Pompeo mengatakannya ketika diwawancara dalam program televisi Fox News Sunday, seperti dikutip Russian Today Senin (14/5/2018).

Mantan direktur badan intelijen pusat (CIA) itu bertemu dengan Trump pekan lalu (8/5/2018) untuk bertemu dengan Pemimpin Korut Kim Jong Un.

Selain memutuskan pertemuan digelar di Singapura pada 12 Juni, Kim juga setuju membebaskan tiga warga AS yang ditahan Korut.

Dia menjelaskan, AS berjanji bakal memberi jaminan keamanan kepada Kim, dan tidak akan berusaha menggulingkan kekuasaannya.

Jaminan itu bakal diberikan setelah negara komunis tersebut memenuhi komitmennya untuk memberikan senjata nuklirnya.

Dia berkata, Trump telah menorehkan prestasi di mana Negeri "Paman Sam" itu tidak berada dalam ancaman yang dilakukan oleh rezim Korut.

"Belum pernah ada presiden yang mampu menempatkan AS pada posisi di mana para penguasa Korut berpikir mustahil untuk melakukannya," lanjut Pompeo.

Jika negosiasi yang dilakukan Trump dan Kim sukses, dia berujar perusahaan-perusahaan AS bakal membanjiri pasar Korut.

Keberadaan perusahaan AS bakal membantu perbaikan jaringan listrik, pembangunan ekonomi, hingga penyediaan bahan makanan.

"Sehingga, warga di Korut bisa memakan daging dan mendapat kehidupan yang pantas," ujar politisi berusia 54 tahun tersebut.

Ini merupakan pertemuan kedua Pompeo dengan Kim. Pertemuan pertama terjadi di Pyongyang pada Maret lalu. Saat itu, dia masih menjabat sebagai Direktur CIA.

Pompeo mendeskripsikan Kim sebagai sosok negosiator ulung, dan selalu paham dengan berbagai perkembangan terbaru saat ini.

"Percakapan kami berlangsung dengan profesional. Dia selalu mendapatkan tujuannya demi kebaikan rakyat Korut," tutur Pompeo kembali.

https://internasional.kompas.com/read/2018/05/14/15332691/pompeo-as-berjanji-ke-kim-jong-un-tidak-akan-ada-ganti-rezim

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke