Salin Artikel

Korut Janji Bongkar Situs Uji Coba Nuklir, Trump Ucapkan Terima Kasih

Penghancuran situs bakal dilakukan sebelum pertemuan puncak antara pemimpin Korut Kim Jong Un dan Trump di Singapura, pada 12 Juni 2018.

"Korea Utara telah mengumumkan akan membongkar situs uji coba nuklir bulan ini, menjelang pertemuan puncak besar pada 12 Juni," kicaunya di Twitter, Sabtu (12/5/2018).

"Terima kasih, sungguh sikap yang sangat cerdas dan ramah," imbuhnya.

Jurnalis terpilih dari lima negara akan terbang menggunakan pesawat sewaan. Mereka lepas landas dari Beijing menuju Wonsan di Korut, kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kereta api menuju lokasi.

Dikelilingi oleh puncak-puncak yang curam dengan gunung granit yang tingginya lebih dari 2.000 meter, lokasi tersebut menjadi tempat yang ideal untuk menahan kekuatan dari ledakan nuklir.

Alat pengujian dikubur di ujung terowongan yang berbentuk kait. Terowongan ditimbun untuk mencegah kebocoran radiasi ketika peledakan dilakukan.

Citra satelit memperlihatkan pelambatan signifikan pada pembuatan terowongan dan operasi lainnya di situs itu. Hal ini dihubungkan dengan cairnya hubungan Korut dan Korsel.

Punggye-ri telah menjadi rumah bagi enam uji coba nuklir Korut. Yang terbaru dan sejauh ini paling kuat dilakukan pada September tahun lalu. Korut menyebutnya sebagai bom-H.

Terkait dengan pertemuan Trump-Kim Jong Un, beberapa pakar memperingatkan, Korut belum membuat komitmen publik untuk melepaskan segala bentuk uji coba persenjataannya, termasuk rudal yang mampu mencapai AS.

https://internasional.kompas.com/read/2018/05/13/12130081/korut-janji-bongkar-situs-uji-coba-nuklir-trump-ucapkan-terima-kasih

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke