Salin Artikel

Pengawalnya Dorong Veteran Perang, Presiden Putin Turun Tangan

Pada Rabu (9/5/2018), Rusia menggelar parade militer tahunan besar-besaran di Lapangan Merah untuk memperingati kemenangan atas Jerman di Perang Dunia II.

Saat Putin berjalan melintasi jalan berlapis batu usai menghadiri parade militer tu, seorang pensiunan mayor jenderal datang menghampiri untuk menyalami Putin.

Namun, belum lagi mendekat, para pengawal yang berbadan besar itu menghalangi sang veteran untuk bertemu dengan pemimpin Rusia.

Melihat kondisi itu, Putin langsung menghampiri sang veteran dan menjabat tangannya. Saat itulah sang pensiunan jenderal itu melapor bahwa dirinya didorong pengawal sang presiden.

Mendengar pengaduan itu, Putin langsung mengajak sang tentara tua berjalan di sampingnya melintasi Lapangan Merah menuju makam para prajurit tak dikenal.

Di sana Putin didampingi sang pensiunan lalu meletakkan karangan bunga untuk menghormati jutaan warga Rusia yang tewas selama Perang Dunia II.

Pensiunan mayor jenderal itu kemudian diidentifikasi bernama Dmitry Syrkashev (94) yang sudah bertugas untuk militer Rusia sejak masa pemerintahan Stalin.

"Dia (Putin) melihat bahwa saya nyaris jatuh di sana. Dan, dia menyelamatkan saya. Lalu saya berjalan bersamanya menuju pusara prajurit taki dikenal," ujar Syrkhasev.

Kepada Putin, Syrkhasev menceritakan keterlibatannya menyerang kota Konigsberg (sekarang Kaliningrad), ikut dalam pembebasan kota Smolenks, dan terluka di Belarus saat memukul mundur pasukan Jerman.

"Dia memperlakukan saya dengan amat baik. Sehingga saya merasa amat bahagia dan merasakan kehangatan di dalam diri saya," tambah sang veteran.

Syrkhasev menambahkan, dia harus melawan rasa sakit di kakinya saat berjalan bersama Putin melintasi Lapangan Merah.

"Saya bertahan agar tak terlihat sakit dan tak terlihat lemah di hadapan presiden," ujar Syrkhasev.

Namun, media Ukraina menuding peristiwa itu dirancang agar sebagai bagian dari pencitraan Putin agar dia terlihat seperti dewa penolong.

Tudingan itu dibantah juru bicara Kremlin Dmitry Peskov yang menjelaskan, Putin justru mengecam dan menasihati anggota pengawalnya terkait blunder yang mereka lakukan.

https://internasional.kompas.com/read/2018/05/10/16233751/pengawalnya-dorong-veteran-perang-presiden-putin-turun-tangan

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.