Salin Artikel

Selain Ratu Elizabeth II, Siapa Saja Pemimpin Tertua di Dunia?

Kali ini, dunia dikejutkan dengan pemilihan umum Malaysia yang menenangkan Mahathir Mohamad dari oposisi koalisi. Mahathir akan menjadi pemimpin tertua di dunia dengan usia 92 tahun.

Lalu, siapa saja pemimpin negara di dunia yang tidak lagi berumur muda dan masih aktif?

Berusia lebih dari 90 tahun

Ratu Elizabeth II di Inggris lahir pada 21 April 1926 dan menjadi kepala negara dengan usia 92 tahun atau tertua di dunia. Dia menjadi ratu pada 1942 pada usia 25 tahun, menyusul kematian ayahnya, Raja George IV.

Presiden Tunisia Beji Caid Essebi kini berusia 91 tahun, dan bakal menginjak umur 92 tahun pada November mendatang. Dia merupakan pemimpin tertua yang pernah terpilih melalui pemilu pada akhir 2014.

Presiden tertua di Benua Afrika

Beberapa negara di Afrika telah dikuasai oleh pemimpin selama puluhan tahun sehingga presiden masih aktif hingga usia uzur.

Seperti Presiden Kamerun Paul Biya yang telah memimpin sejak 1982. Lahir pada 13 Februari 1933, Biya kini berusia 85 tahun.

Berikutnya, Presiden Algeria Abdelaziz Bouteflika yang berkuasa sejak 1999, kembali terpilih untuk keempat kalinya pada 2014. Saat ini, Bouteflika berumur 81 tahun.

Emir Kuwait Sheikh Sabah al-Ahmad al-Sabah pada Juni 2018 akan berusia 89 tahun.

Kemudian, Kaisar Jepang Akihito dari Jepang menerima persetujuan parlemen untuk membuka jalan baginya turun tahkta. Berusia 84 tahun, kaisar khawatir tidak dapat melaksanakan tugasnya dnegan baik.

Di Arab Saudi, Raja Salman berumur 82 tahun. Dia mengambil alih negara penghasil minyak ini pada 23 Januari 2015, setelah kematian saudara tirinya, Abdullah.

Raja Harald V, raja Norwegia ini dinobatkan pada 1991 dan sekarang telah berusia 81 tahun.

Tak hanya itu...

Paus Fransiskus terpilih menjadi pemimpin umat Katolik Roma sedunia pada Maret 2013. Paus asal Argentina berusia 81 tahun ini sekaligus kepala negara Vatikan.

Presiden Laos Bounnhang Vorachit masih memimpin negara komunis kecil pada usia 80 tahun.

https://internasional.kompas.com/read/2018/05/10/12202941/selain-ratu-elizabeth-ii-siapa-saja-pemimpin-tertua-di-dunia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke