Salin Artikel

AS Anggap Pemilu Presiden Venezuela Bulan Ini Penuh Kepura-puraan

Pemerintah AS menganggap pemilu tersebut sebagai kepura-puraan. Tudingan tersebut keluar bersamaan dengan sanksi baru yang dikenakan AS kepada Venezuela.

Dilansir dari AFP, dalam sebuah pidato di depan Organisasi Negara Bagian AS, Pence mengecam pemilu presiden, yang juga diboikot oleh oposisi dan dianggap tidak sah oleh sebagian besar masyarakat internasional.

"Kami menyerukan kepada Maduro (presiden Venezuela) untuk menangguhkan pemilu yang pura-pura itu, dan mengadakan pemilu yang sesungguhnya," ucapnya.

Oposisi Venezuela pada pekan lalu menyerukan boikot pemilu 20 Mei mendatang. Mereka menganggap petahana yaitu Presiden Venezuela Nicolas Maduro akan memenangkan pemilu dengan mudah.

Sementara, dalam sanksi terbaru yang diterbitkan, AS menjatuhkan sanksi kepada 20 perusahaan, 16 di antaranya berada di Venezuela dan empat lainnya di Panama.

Selain itu, tiga warga negara Venezuela, termasuk mantan pejabat intelijen, dikenai sanksi oleh AS atas keterlibatannya dalam perdagangan narkotika.

"Kami menolak pejabat pemerintah Venezuela yang korup untuk mengakses sistem keuangan AS, ketika kami bekerja dengan internasional untuk mendukung rakyat Venezuela memulihkan demokrasi," katanya.

Negara di Amerika Selatan ini memang telah gagal membayar utang. Penduduknya juga menderita karena kekurangan makanan dan obat-obatan.

Padahal, Venezuela memiliki cadangan minyak terbesar di dunia. Untuk mengatasi krisis, pemerintahan Maduri mencetak uang karena cadangan devisa makin berkurang.

Mata uang bolivar jatuh dan menjadi hampir tidak berharga. Inflasi melonjak hingga 13.779 persen pada tahun lalu.

Majelis Nasional yang didominasi oleh oposisi mengonfirmasi, Venezuela memiliki tingkat inflasi tertinggi di dunia.

Namun, Maduro menegaskan, Venezuela merupakan korban dari "perang ekonomi" yang dilancarkan oleh oposisi konservatif dan kekuatan luar seperti AS, yang berupaya menjatuhkannya.

https://internasional.kompas.com/read/2018/05/08/08280021/as-anggap-pemilu-presiden-venezuela-bulan-ini-penuh-kepura-puraan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke