Salin Artikel

Jelang Pelantikan Putin, Polisi Rusia Tangkap 350 Demonstran

Dilansir AFP dan Radio Free Europe Sabtu (5/5/2018), di antara 350 demonstran yang ditangkap, terdapat pemimpin oposisi Alexei Navalny.

Dalam video yang beredar di Twitter, Navalny yang mengenakan kemeja kotak-kotak itu ditangkap tak lama setelah dia datang pada apel yang digelar di Lapangan Pushkin.

Di bawah slogan "Dia Bukan Tsar Kami", Navalny meminta semua pendukungnya untuk turun ke jalan pada Sabtu, untuk memprotes kekuasaan absolut yang dipegang Putin.

Otoritas Moskwa telah meminta Navalny dan pendukungnya untuk tidak menggelar pawai di ibu kota karena tidak diberikan izinnya.

Di Krasnoyarsk, 150 orang ditahan menyusul bentrokan antara pengunjuk rasa dengan polisi bersenjata tongkat pemukul.

Di Yakutsk, kepolisian membekuk 75 demonstran. Di Novokuznetsk, aparat mengamankan 20 orang demonstran yang mengambil bagian dalam aksi tersebut.

Adapun di kota Yekaterinburg, polisi dilaporkan mencari markas pergerakan Navalny di sana, dan menyita selebaran yang mengajak aksi 5 Mei.

Navalny telah lama menjadi kritikus utama Putin. Menurutnya, pemmilu yang digelar 18 Maret lalu itu dipenuhi dengan kecurangan.

Dia mendapat larangan berpartisipasi di Pilpres setelah dituding melakukan kejahatan finansial. Navalny menyanggah dengan berkata tudingan itu merupakan rekayasa.

https://internasional.kompas.com/read/2018/05/05/21513121/jelang-pelantikan-putin-polisi-rusia-tangkap-350-demonstran

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.