Salin Artikel

Kapal Perang Yunani Bersenggolan dengan Kapal Turki di Laut Aegea

Menurut Angkatan Laut Yunani, dalam pernyataannya, mengatakan kapal dagang Turki telah mendekati dan bersenggolan dengan salah satu kapal perangnya saat ambil bagian dalam latihan bersama NATO.

"Setelah terjadi senggolan, kapal dagang itu langsung melarikan diri kembali ke perairan Turki," kata Angkatan Laut Yunani dalam pernyataannya, Jumat (4/5/2018).

"Beruntung tidak ada seorang pun yang terluka dan tidak ada kerusakan serius akibat insiden itu," lanjut pernyataan itu, dilansir AFP.

Turki selama beberapa dekade terakhir sedang dalam perdebatan dengan Yunani menyangkut kedaulatan di wilayah perairan Laut Aegea dan wilayah udara di dekat pantai Turki, yang menurut Athena berdasarkan perjanjian pascaperang.

Kedua negara nyaris terlibat peperangan karena sejumlah pulau tidak berpenghuni pada tahun 1996 dan perselisihan kerap terjadi antara kedua angkatan udara.

Bulan lalu, seorang pilot pesawat tempur Yunani tewas ketika pesawat jet yang diterbangkannya terjatuh di Laut Aegea setelah menjalankan misi pencegatan jet Turki.

Beberapa hari sebelumnya, tentara Yunani melancarkan tembakan peringatan ke arah helikopter milik Turki yang kedapatan mendekati pulau kecil Ro yang berada di perbatasan tenggara.

Ketegangan antara kedua negara juga sempat terjadi saat Yunani menolak mengekstradisi delapan tentara Turki yang mencari perlindungan ke negara itu setelah terjadinya kudeta militer yang gagal pada 2016.

Sebaliknya, Turki telah menolak melepaskan dua serdadu Yunani yang ditangkap pada bulan Maret setelah melintasi perbatasan, yang diklaim tersesat lantaran kabut tebal.

https://internasional.kompas.com/read/2018/05/04/23460071/kapal-perang-yunani-bersenggolan-dengan-kapal-turki-di-laut-aegea

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke