Salin Artikel

Pemberontak Suriah Serahkan Persenjataan pada Pasukan Pemerintah

Kelompok oposisi telah mencapai kesepakatan gencatan senjata dengan pasukan rezim Suriah dan sekutunya untuk beberapa wilayah di provinsi Hama dan Homs, termasuk kota-kota yang dikuasai pemberontak, yakni Talbisseh, Rastan dan Al-Houla.

"Para pemberontak telah menyerahkan persenjataan mereka, baik senjata berat maupun menengah, kepada pasukan rezim untuk dua hari berturut-turut," kata badan pengawas Suriah untuk hak asasi manusia dalam pernyataannya, Jumat (4/5/2018).

Persenjataan yang diserahkan tersebut meliputi artileri dan senapan mesin.

"Setelah serah terima persenjataan selesai, anggota pemberontak yang berkeinginan untuk pergi akan dievakuasi bersama dengan warga sipil," kata Kepala Observatorium Suriah, Rami Abdel Rahman, dilansir AFP.

Anggota pemberontak dan warga sipil akan diizinkan melalui jalur evakuasi yang aman menuju kota yang dikuasai pemberontak di Jarabulus, provinsi Aleppo, dan provinsi Idlib yang sebagian besar luput dari kontrol pemerintah.

Menurut kantor berita pemerintah SANA, kesepakatan antara pasukan rezim dengan pemberontak meliputi pengembalian institusi pemerintah ke tiga kota dan pembukaan kembali jalan raya utama.

Jalan raya yang kembali dibuka menyambungkan ibu kota Damaskus dengan Homs dan kota kedua Aleppo di utara.

Pembukaan dan mengamankan kembali jalur darat tersebut termasuk salah satu target utama operasi militer yang dilakukan rezim Suriah.

Sebanyak empat wilayah di Suriah kini telah mengalami penurunan dalam konflik bersenjata, meski kekerasan masih terus terjadi.

Salah satunya di Ghouta Timur yang dibebaskan dari pemberontak pada bulan lalu.

https://internasional.kompas.com/read/2018/05/04/20455571/pemberontak-suriah-serahkan-persenjataan-pada-pasukan-pemerintah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke