Salin Artikel

Iran: Jika Trump Menarik Diri dari Kesepakatan Nuklir, Kami Keluar

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump mengancam bakal menarik diri dari kesepakatan 2015 yang bakal habis pada Sabtu pekan depan (12/5/2018).

Presiden 71 tahun itu menyebut kesepakatan yang terjadi di era Presiden Barack Obama tersebut "terburuk dalam sejarah".

Sebab, kesepakatan itu tidak menegaskan soal isu lain seperti kepemilikan rudal balistik, maupun aktivitas Iran di Timur Tengah.

"Jika Trump tidak menarik diri, kami keluar," kata Ali Akbar Velayati, penasihat Khamenei di bidang kebijakan dilansir AFP Kamis (3/5/2018).

Velayati melanjutkan, Iran tidak akan menerima jika ada pihak yang mencoba menambahkan atau mengurangi kesepakatan tersebut.

"Bahkan jika negara itu sekutu AS sekali pun. Jika mereka mencoba mengubah kesepakatan, kami bakal mengumumkan keluar," kata Velayati.

Tekanan kepada Trump untuk memperpanjang kesepakatan itu datang dari Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres.

Kepada BBC, Guterres menuturkan kesepakatan nuklir Iran 2015 merupakan kemenangan diplomasi, dan tidak seharusnya diganggu.

"Sudah seharusnya tidak dirusak kecuali jika ada opsi yang lebih bagus. Saat ini, kami tengah berpacu dengan waktu," tambah Guterres.

Pada 2015, Iran meneken kesepakatan dengan AS, Inggris, Rusia, China, Perancis, dan Jerman. Teheran bakal mengurangi produksi nuklir sebagai ganti pencabutan sanksi ekonomi.

Bernama Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (JCPOA), Iran berkewajiban mengurangi mesin sentrifugal, yang berfungsi memperkaya uranium.

Selain itu, Iran juga harus mengurangi produksi uraniumnya hingga ke level yang tidak bisa dipakai untuk memproduksi senjata nuklir.

https://internasional.kompas.com/read/2018/05/03/20353231/iran-jika-trump-menarik-diri-dari-kesepakatan-nuklir-kami-keluar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke