Salin Artikel

Korsel, China dan Jepang Gelar Pertemuan Trilateral Pekan Depan

Pertemuan antara tiga negara bertetangga itu dijadwalkan berlangsung pada 9 Mei mendatang, menjadi yang pertama setelah lebih dari dua tahun.

Pertemuan direncanakan akan dihadiri oleh Presiden Korsel Moon Jae-in, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, dan Perdana Menteri China Li Keqiang.

Ketiga negara bertetangga tersebut saling memiliki keterkaitan dengan Korea Utara.

Korea Selatan sebagai negara yang berbatasan langsung dan tengah terlibat perang langsung, Jepang yang kadang menjadi sasaran ancamannya, serta China sebagai pendukung diplomatik kunci dan mitra bisnis.

Pertemuan tersebut juga akan menjadi perjalanan Presiden Moon ke Jepang yang pertama sejak enam tahun terakhir.

Sementara, dilaporkan Xinhua, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying menegaskan perdana menteri Li akan menghadiri pertemuan trilateral tersebut.

Namun tidak ada rincian lebih lanjut yang diberikan mengenai agenda yang akan dibahas.

"Pertemuan itu sangat penting. Kami ingin mengkonfirmasi kerja sama dengan Presiden Moon sebelum dilangsungkannya pertemuan puncak antara AS dengan Korea Utara," kata Perdana Menteri Abe dalam kunjungan ke Yordania.

"Saya ingin membahas secara menyeluruh mengenai Korea Utara, membahas masalah penculikan, rudal dan nuklir serta untuk menciptakan masa depan yang lebih baik," tambahnya.

Perdana Menteri Abe memang tengah gencar memperjuangkan nasib warganya yang telah diculik Korea Utara di era 1970 hingga 1980-an.

Sebelumnya pada Jumat (27/4/2018) pekan lalu telah dilangsungkan pertemuan puncak antara Presiden Moon dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Gedung Perdamaian, desa perbatasan Panmunjom.

Pertemuan yang berlangsung selama sekitar 12 jam itu menghasilkan Deklarasi Panmunjom, di mana salah satunya, kedua pemimpin sepakat mencari jalan damai untuk mengakhiri perang.

https://internasional.kompas.com/read/2018/05/01/23211101/korsel-china-dan-jepang-gelar-pertemuan-trilateral-pekan-depan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke