Salin Artikel

Berita Populer: Penyamaan Zona Waktu Korut-Korsel, hingga Bau Durian Bikin Gempar

Seperti, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyatakan bakal mempercepat jam di negaranya agar sama dengan zona waktu di Korea Selatan.

Kemudian, bau durian yang membusuk membuat perpustakaan di Melbourne, Australia, mengeluarkan peringatan evakuasi terhadap pengunjungnya.

Berikut rangkuman empat berita populer kanal internasional sepanjang Minggu (29/4/2018) hingga Senin (30/4/2018) pagi.

1. Kim Jong Un Bakal Ubah Zona Waktu Korut Jadi Sama seperti Korsel

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berjanji akan mengubah zona waktunya kembali sama dengan Korea Utara.

Kedua negara di Semenanjung Korea itu memiliki zona waktu yang berbeda sejak 2015. Saat itu, secara tiba-tiba, Korut mengubah waktu standarnya menjadi selisih 30 menit lebih lambat dari Korsel.

Janji itu dia sampaikan dalam pertemuan bersejarah dengan Presiden Korsel Moon Jae-in.

Berita selengkapnya klik tautan di sini.

2. Bau Durian Bikin Ratusan Pengunjung Perpustakaan di Melbourne Dievakuasi

Petugas pemadam kebakaran mendapat panggilan darurat dari gedung Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) pada pukul 15.00 waktu setempat. Panggilan tersebut merujuk pada bau gas yang muncul di perpustakaan.

Sekitar 500 mahasiswa dan dosen dievakuasi dari pihak kepolisian, sementara petugas pemadam kebakaran memakai alat bantu pernapasan untuk menyelidiki sumber bau.

Awalnya, belum diketahui jika bau tersebut berasal dari bau durian, sebab bangunan tersebut juga menyimpan sejumlah bahan kimia yang berbahaya.

Berita selengkapnya klik tautan di sini.

3. Raja Salman Resmikan Pembangunan Taman Hiburan Terbesar di Dunia

Dengan kemeriahan kembang api dan kehadiran ratusan tamu dari Kerajaan Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz meresmikan pembangunan taman hiburan raksasa di Qiddiya, dekat dengan Riyadh, Sabtu (28/4/2018).

Qiddiya menjadi salah satu langkah nyata kerajaan untuk mengurangi ketergantungan terhadap minyak.

Taman tersebut diyakini bakal menjadi kota hiburan terbesar di dunia pada 2030, dengan total luas mencapai 334 km persegi.

Taman hiburan raksasa ini disebut bakal menyaingi Walt Disney World di Florida, Amerika Serikat, yang memiliki luas 110 km persegi.

Lalu, fasilitas apa saja yang dibangun pada taman hiburan Qiddiya? Klik tautan di sini.

4. Pertama Kali Tokoh Senior Katolik Berkunjung ke Saudi, Apa Hasilnya?

Untuk pertama kalinya, Kerajaan Arab Saudi menerima kedatangan seorang tokoh senior Katolik Roma sekaligus Presiden Dewan Kepausan untuk Dialog Antar-agama di Vatikan, Kardinal Jean-Louis Pierre Tauran.

Kunjungan Tauran dan delegasinya diterima langsung oleh Raja Salman bin Abdulaziz di Istana al-Yamamah pada Rabu (18/4/2018).

Usai berkunjung ke Saudi, Tauran pada Jumat (27/4/2018) menyampaikan hasil kunjungan berjumpa dan berdialog dengan petinggi Saudi.

Bagaimana hasil dari pertemuan keduanya? Selengkapnya klik tautan di sini.

https://internasional.kompas.com/read/2018/04/30/07272031/berita-populer-penyamaan-zona-waktu-korut-korsel-hingga-bau-durian

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke