Salin Artikel

Ini Pesan Kim Jong Un di Buku Tamu KTT Antar-Korea di Panmunjom

Sebelumnya, ketika sampai di Rumah Perdamaian, lokasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Antar-Korea di Panmunjom, Korea Selatan (Korsel), Kim mengisi buku tamu.

Selama satu menit, pemimpin yang berkuasa di Korut sejak 2011 itu itu menandatangani buku tamu, dan sempat menuliskan pesan di dalamnya.

"Sejarah baru terukir sekarang. Ini bakal menjadi titik balik berlangsungnya era perdamaian," kata Kim di buku tamu itu seperti dilansir The Korea Herald Jumat (27/4/2018).

KTT Antar-Korea Ketiga yang dilaksanakan setelah 2000 dan 2007 ini menorehkan beberapa momen sejarah.

Di antaranya, ini merupakan kali pertama KTT dilaksanakan di Korsel setelah dua KTT sebelumnya berlangsung di Pyongyang, ibu kota Korut.

Kemudian, aksi simbolis Kim yang menginjakkan kaki di Panmunjom menjadi yang pertama dilakukan penguasa Korut sejak Perang Korea 1950-1953.

Hubungan Korsel dan Korut mulai mencair setelah Kim menyerukan dialog dalam pidatonya di Tahun Baru (1/1/2018).

Untuk menunjukkan dia serius dengan pernyataannya, Kim mengerahkan delegasi untuk memeriahkan Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, 9-25 Februari lalu.

Keputusan untuk menggelar KTT terjadi setelah utusan khusus Korsel, Chung Eui Yong, bertemu Kim secara langsung di Pyongyang pada 5-6 Maret.

Selain memutuskan adanya KTT Antar-Korea Ketiga, Kim juga mengeaskan komitmennya untuk melakukan denuklirisasi.

Dalam pernyataannya kepada Chung, denuklirisasi itu dilakukan untuk memenuhi permintaan terakhir sang ayah, mendiang Kim Jong Il.

https://internasional.kompas.com/read/2018/04/27/13050301/ini-pesan-kim-jong-un-di-buku-tamu-ktt-antar-korea-di-panmunjom

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke