Salin Artikel

Aksi Simbolis, Kim Jong Un Bakal Tanam Pohon Pinus di KTT Antar-Korea

Diwartakan The Independent Kamis (26/4/2018), agenda awal adalah aksi simbolis yang bakal dilakukan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un.

Kepala Staf Korsel, Im Jong Seok berkata, nantinya Kim bakal melangkah melintasi barikade yang membatasi kedua negara, dan disambut Presiden Korsel Moon Jae In.

Aksi itu bakal menjadi langkah pertama seorang Pemimpin Korut menjejakkan kaki di Korsel sejak Perang Korea 1950-1953.

"Kedua pemimpin kemudian bakal melangkah menuju Panmunjom yang menjadi lokasi pertemuan sembari memeriksa pasukan kehormatan," ujar Im.

Setelah mengisi buku tamu dan berfoto di depan Rumah Perdamaian di Panmunjom, Moon dan Kim bakal memulai perbincangan ringan di pukul 10.30 waktu setempat.

Setelah itu, mereka bakal menanam pohon pinus di perbatasan menggunakan campuran tanah dan air dari sungai yang terkenal di kedua negara.

Pinus mendapat tempat dalam kultur masyarakat Korea. Sebab, pohon itu dipercaya bisa mendatangkan kemakmuran dan perdamaian.

Setelah menanam, mereka bakal meletakkan plakat batu di samping pinus itu bertuliskan "kemakmuran dan perdamaian telah tertanam", lengkap dengan tanda tangan Kim dan Moon.

Setelah upacara penanaman pohon, keduanya akan berjalan bersama menuju jembatan penyeberangan di mana sebuah rambu garis demarkasi militer berdiri.

"Keduanya bakal bertemu kembali pada siang harinya, dan menghadiri jamuan makan siang," lanjut Im kembali.

Dalam pertemuan tersebut, Kim bakal ditemani sembilang orang pejabat tinggi Korut. Termasuk adiknya, Kim Yo Jong.

"Korsel berharap istri Kim, Ri Sol Ju, juga hadir di pertemuan. Namun, sejauh ini kami belum menerima konfirmasi," papar Im.

KTT di Panmunjom bakal menjadi kunjungan kenegaraan kedua Kim setelah dia berkuasa di 2011 menggantikan mendiang ayahnya, Kim Jong Il.

Sebelumnya, Kim telah melakukan kunjungan ke China, dan bertemu dengan Presiden Xi Jinping pada 25-28 Maret yang lalu.

KTT Antar-Korea edisi ketiga ini bakal membahas tentang proses denuklirisasi yang akan dilaksanakan oleh Korut.

https://internasional.kompas.com/read/2018/04/26/16341681/aksi-simbolis-kim-jong-un-bakal-tanam-pohon-pinus-di-ktt-antar-korea

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke