Salin Artikel

Irak dan UEA Sepakat Bangun Kembali Masjid Agung di Kota Mosul

Menteri Kebudayaan Uni Emirat Arab, Noura al-Kaabi menyampaikan, negaranya bersedia mengucurkan dana hingga 41,2 juta euro (sekitar Rp 698 miliar) untuk merekonstruksi Masjid Agung al-Nuri beserta dengan menara miring yang menjadi ikonnya.

"Proyek yang akan berjalan selama lima tahun ini tidak hanya akan membangun kembali masjid beserta menara dan infrastrukturnya, melainkan juga membangun harapan bagi kaum muda Irak," ujar Kaabi.

"Peradaban berusia seribu tahun ini harus dilestarikan," tambahnya dilansir AFP.

Kesepakatan pembangunan kembali masjid agung kota Mosul tersebut ditandatangani bersama oleh Kaabi dengan Menteri Kebudayaan Irak Faryad Rawanduzi di hadapan perwakilan UNESCO untuk Irak, Lousie Haxthausen.

"Ini merupakan sebuah proyek simbolis yang antusias demi kebangkitan Mosul dan juga Irak."

"Pekerjaan telah dimulai dengan lokasi situs telah dilindungi. Pertama akan dilakukan pembersihan, penyingkirkan reruntuhan dan dokumen, sebelum dapat memulai rekonstruksi," kata Haxthausen.

Masjid Agung al-Nuri yang berada di kota Mosul pertama dibangun pada abad ke-12 dan memiliki menara miring yang terkenal dengan sebutan Al-Habda. Bangunan tersebut sempat hancur akibat pertempuran melawan ISIS pada Juni 2017.

Di masjid itu pula, pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi memproklamirkan terbentuknya ISIS.

Masjid itu hancur akibat bahan peledak, yang oleh militer Irak disebut dilakukan oleh kelompok ISIS, setelah kota Mosul direbut kembali.

Nama al-Nuri diberikan dari nama penguasa Aleppo dan Mosul, serta yang memerintahkan pembangunan masjid tersebut pada tahun 1172, yakni Nureddine al-Zinki.

Menara miring Al-Habda merupakan salah satu konstruksi asli sejak dibangun sembilan abad lalu.

https://internasional.kompas.com/read/2018/04/24/05364461/irak-dan-uea-sepakat-bangun-kembali-masjid-agung-di-kota-mosul

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke