Salin Artikel

Pejabat Rusia: Deklarasi Nuklir Korut Berkat Peran Kami Juga

Konstantin Kosachev, Ketua Komite Hubungan Luar Negeri Dewan Federal Rusia berujar, dia menyebut keputusan Korut itu merupakan "kabar terbesar tahun ini".

Dilansir Russian Today Sabtu (21/4/2018), Kosachev menyebut pengumuman Korut tak lepas dari peran "lima negara" yang terus mengusahakan perdamaian.

Kelima negara tersebut adalah Amerika Serikat (AS), Rusia, Korea Selatan (Korsel), Jepang, serta China.

"Pendekatan yang Moskwa dan Beijing lakukan tidak bisa dikesampingkan dibanding Washington yang mengancam bakal 'menghapus' Korut dari peta dunia," sindir Kosachev.

Dia menjelaskan, Rusia telah berkali-kali memperingatkan AS untuk tidak melakukan operasi militer kepada Pyongyang.

Sebaliknya, lanjut Kosachev, Rusia mengklaim terus melakukan pendekatan diplomatik yang kemudian membuahkan hasil melalui keputusan Korut tersebut.

"Keputusan kami untuk lebih fokus kepada resolusi damai serta melakukan pendekatan politik terbukti menjadi pemenang," klaim Kosachev.

Russian Today memberitakan, Wakil Presiden Mike Pence melalui kicauannya di Twitter berujar kalau keputusan Korut tidak akan terjadi tanpa Presiden Donald Trump.

"Rakyat AS dan sekutunya tahu bahwa kita tidak akan bisa berada di titik ini tanpa kepemimpinan yang kuat dari Presiden Trump," ujar Pence.

Sebagai bentuk komitmennya, media pemerintah KCNA melansir, negeri komunis itu berniat untuk menutup situs uji coba nuklir mereka.

Dalam pidatonya di hadapan Komite Pusat Partai Buruh, Kim berkata kalau fokus mereka saat ini adalah melaksanakan pembenahan ekonomi.

https://internasional.kompas.com/read/2018/04/21/21430721/pejabat-rusia-deklarasi-nuklir-korut-berkat-peran-kami-juga

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke