Salin Artikel

Pesawat Malindo Air Tergelincir, Bandara Kathmandu Ditutup

Beruntung tak ada korban dalam insiden tersebut tetapi belum diketahui hingga kapan bandara internasional satu-satunya di Nepal itu akan dibuka kembali.

Insiden itu terjadi ketika pesawat yang membawa 139 orang penumpang dan awak tersebut sedang bersiap untuk lepas landas menuju Kuala Lumpur pada Kamis (19/4/2018) malam.

"Saat pesawat tengah berakselerasi untuk lepas landas, pilot menemukan  adanya masalah sehingga membatalkan take-off," kata juru bicara bandara Prem Nath Thakur.

Akibatnya, pesawat tersebut tergelincir dari landasan pacu ke rerumputan dan terhenti di daerah berlumpur 30 meter dari landasan.

"Semua penumpang dan awak pesawat selamat," ujar Thakur sambil menambahkan masalah yang menyebabkan insiden ini belum diketahui.

Peristiwa ini terjadi sebulan setelah kecelakaan yang menimpa maskapai US-Bangla Airways yang menewaskan 51 orang penumpang.

Pada Maret 2015, sebuah pesawat milik Turkish Airlines juga tergelincir di landasan pacu saat mendarat dan menyebabkan bandara Tribuvhan ditutup selama empat hari.

Negara Himalaya itu memang memiliki sejumlah bandara paling terpencil dan berbahaya di dunia.

Dikelilingi puncak-puncak gunung tertinggi, mendaratkan pesawat di Nepal memberikan tantangan tersendiri bahkan bagi pilot paling berpengalaman.

https://internasional.kompas.com/read/2018/04/20/13420631/pesawat-malindo-air-tergelincir-bandara-kathmandu-ditutup

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke