Salin Artikel

Trump Siap Bekerja Ekstra Keras Demi Warga Jepang yang Diculik Korut

Trump bahkan menjanjikan bakal mengangkat masalah tersebut saat bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong Un pada akhir Mei atau awal Juni mendatang.

"Kami akan bekerja ekstra keras untuk masalah itu dan mencoba membawa orang-orang itu kembali. Kami akan bekerja sangat sangat keras," kata Trump didampingi Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Rabu (18/4/2018).

Melansir dari AFP, Perdana Menteri Abe tiba di AS pada Selasa (17/4/2018) dan diterima Donald Trump di kediamannya di Mar-a-Lago, Palm Beach, Florida.

Dalam kunjungan tersebut Abe bermaksud meminta bantuan kepada Trump yang akan bertemu dengan Kim. Abe berharap Trump akan dapat mengangkat masalah penculikan warga Jepang oleh Korea Utara di era 1970 hingga 1980-an.

Mendapat jawaban dari Trump, Perdana Menteri Abe pun menyampaikan terima kasihnya saat konferensi pers bersama usai pertemuan di hari kedua, Rabu (18/4/2018).

Kasus penculikan warga negara Jepang oleh Korut itu telah meregangkan hubungan antara Tokyo dengan Pyongyang dan Abe sering mengenakan pita biru untuk selalu mengingatkan dirinya tentang kasus itu.

Pada 2002, pemerintah Korea Utara telah mengakui pernah menculik 13 warga negara Jepang pada 1970-an, meski Tokyo meyakini jumlah sebenarnya lebih banyak.

Pemerintah mendata ada setidaknya 17 warganya yang dilaporkan telah diculik dan menduga masih ada puluhan lainnya yang dibawa untuk mengajarkan bahasa dan kebudayaan Jepang pada mata-mata Pyongyang.

Kepolisian Jepang menyebut ada 800 orang hilang yang kemungkinan diculik oleh negara tetangga yang tertutup itu.

Dalam perjanjian yang digelar di Stockholm pada Mei 2014 lalu, Korea Utara telah melakukan penyelidikan ulang terhadap seluruh kasus penculikan warga Jepang yang telah dilakukan.

Perjanjian yang tampaknya akan memberi perkembangan signifikan, namun pda kenyataannya tetap tidak menunjukkan kemajuan karena hubungan Korut dengan masyarakat internasional yang memburuk di tengah program nuklir yang berkepanjangan.

https://internasional.kompas.com/read/2018/04/19/16090561/trump-siap-bekerja-ekstra-keras-demi-warga-jepang-yang-diculik-korut

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke