Salin Artikel

Duterte Perintahkan Penahanan Biarawati asal Australia

Diwartakan AFP, Rabu (18/4/2018), Suster Patricia Fox (71) yang sudah lama tinggal di Filipina ditahan Biro Imigrasi pada Senin (16/4/2018) atas dugaan terlibat dalam aktivitas politik.

Kemudian, dia dibebaskan tanpa dikenai tuntutan pada hari berikutnya.

"Bukan militer yang menahan biarawati, tetapi itu perintah saya," katanya dalam pidato di depan para prajurit.

"Saya memerintahkan diinvestigasi karena perilakunya yang tidak tertib," ucapnya.

Duterte memperingatkan bahwa orang asing yang memfitnah dan mencemarkan nama baik pemerintah akan ditangkap.

"Anda merendahkan saya di bawah jubah sebagai seorang imam Katolik dan Anda adalah orang asing! Siapa Anda? Ini adalah pelanggaran kedaulatan," kata Duterte.

"Jangan biarkan dia masuk karena biarawati itu memiliki mulut yang tidak tahu malu," tambahnya.

Fox merupakan seorang biarawati yang bergabung dalam misi pencari fakta internasional di Filipina selatan pada awal bulan ini untuk menyelidiki pelanggaran terhadap hak-hak petani dan masyarakat adat.

"Saya tidak terlibat dalam partai politik," katanya dalam sebuah wawancara dengan jaringan ABS-CBN Manila setelah pembebasannya.

Sebelumnya, Duterte pernah melontarkan serangan verbal yang pedas menanggapi kritik terhadap kebijakannya untuk memerangi peredaran narkoba, di mana ribuan orang tewas dalam operasi pemberantasan obat terlarang itu.

Mahkamah Pidana Internasional (ICC) meluncurkan investigasi pada Februari lalu terhadap dugaan pembunuhan tanpa melalui proses hukum di Filipina.

Merespons itu, Duterte memilih menarik diri dari ICC dan mengancam akan menangkap kepala jaksa jika dia datang ke Filipina.

Pada Minggu lalu, Pemerintah Filipina mendeportasi Giacomo Filibeck asal Italia yang merupakan Wakil Sekretaris Jenderal Partai Sosialis Eropa, yang sebelumnya mengecam pembunuhan tanpa proses hukum dalam aksi pemberantasan narkoba yang digelorakan Duterte.

https://internasional.kompas.com/read/2018/04/19/08504851/duterte-perintahkan-penahanan-biarawati-asal-australia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke