Salin Artikel

Berobat ke Australia, Seorang Nenek asal Papua Niugini Ditahan

Rapia dibawa oleh suaminya dari desa terpencil di Papua Niugini ke pusat medis di Pulau Saibai, Selat Torres, pada Februari lalu, karena menderita usus buntu.

Wanita berusia 55 tahun itu lalu diterbangkan ke Thursday Island dan kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Cairns. Kemudian, dia malah dimasukkan ke Penampungan Imigrasi Brisbane oleh petugas Satuan Perbatasan Australia (ABF).

Anggota DPR dari wilayah setempat, Warren Entsch mengatakan dalam sejumlah kasus sebelumnya, warga Papua Niugini yang mencari perawatan di Australia kerap menolak kembali ke negaranya.

"Saya masih berusaha memperjelas mengapa dia datang ke Brisbane. Namun saya telah berbicara dengan kantor Menteri Dalam Negeri. Saya sampaikan dengan jelas bahwa ini perlu kita selesaikan," kata Entsch.

"Saya mendengar, dia meminta untuk tetap berada di Cairns karena masih bekas operasi di perutnya. Tampaknya dia khawatir jika pulang lebih awal dan diharuskan kembali bekerja di kebun. Dia merasa tidak sanggup melakukannya," ujarnya.

Rapia Komonde menjelaskan dirinya bukanlah seorang penjahat.

"Saya datang karena alasan medis. Tapi mereka mengirim saya ke Brisbane. Mengapa?" katanya.

"Saya belum pernah pergi ke wilayah selatan sejauh ini. Saya hanya pernah sekali ke Thursday Island sebelumnya," tambahnya.

Rapia berasal dari Desa Sigabaduru, yang tercakup dalam Perjanjian Selat Torres. Perjanjian ini memungkinkan warga setempat melakukan perjalanan antara Papua Niugini dan Selat Torres di Australia tanpa paspor.

Perawatan medis sebenarnya tidak termasuk bagian dari perjanjian ini, namun secara umum tidak dipermasalahkan oleh Departemen Kesehatan Queensland dan Departemen Luar Negeri Australia.

Sementara, ABF yang telah dihubungi, belum memberikan tanggapan.

https://internasional.kompas.com/read/2018/04/17/14051401/berobat-ke-australia-seorang-nenek-asal-papua-niugini-ditahan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke