Salin Artikel

Pesawat Tempur Yunani Jatuh saat Misi Pencegatan di Laut Aegea

Menurut pejabat kementerian pertahanan Yunani, kapal angkatan laut dan helikopter telah dikirim untuk mencari pilot yang sempat hilang usai insiden jatuhnya pesawat.

"Pilot tersebut telah masuk dalam jajaran pahlawan Yunani. Dia gugur dalam membela kedaulatan nasional dan integritas teritorial kita," kata Menteri Pertahanan Nasional Yunani, Panos Kammenos dalam pernyataannya di akun Twitter.

Diberitakan media pemerintah, mengutip pernyataan resmi Kementerian Pertahanan Yunani, pesawat tempur yang jatuh adalah jet tempur jenis Mirage 2000-5. Pesawat tempur tersebut jatuh di utara Pulau Skyros di perairan Laut Aegea.

Tidak diterangkan penyebab jatuhnya pesawat yang dilaporkan sedang dalam misi pencegatan armada angkatan udara Turki itu. Seperti diberitakan oleh media Yunani, dikutip The Independent.

Intensitas patroli udara Yunani di kawasan Laut Aegea telah ditingkatkan dalam beberapa pekan terakhir, terutama di sepanjang perbatasan di atas pulau-pulau yang disengketakan dengan Turki.

Kendati biasanya tidak dilengkapi sistem persenjataan, patroli pesawat milik kedua negara di atas wilayah sengketa kerap memunculkan kekhawatiran menyusul meningkatnya potensi kecelakaan.

Sementara dari militer Turki membantah terlibat dalam insiden jatuhnya pesawat tempur Yunani pada Kamis (12/4/2018). Mereka juga membantah ada pesawat tempurnya yang melintas di kawasan Laut Aegea saat insiden terjadi.

https://internasional.kompas.com/read/2018/04/13/23150221/pesawat-tempur-yunani-jatuh-saat-misi-pencegatan-di-laut-aegea

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke