Salin Artikel

Peringatan Rusia, Bikin Barat Ragu untuk Menyerang Suriah

Di hari yang sama, atas permintaan Rusia, Dewan Keamanan PBB menggelar pertemuan untuk menghentikan ketegangan di saat Presiden AS Donald Trump nampaknya mulai memikirkan ulang rencana serangan ke Suriah.

Setelah menggelar pertemuan dengan para penasihatnya pada Kamis (12/4/2018), Gedung Putih menyatakan, Presiden Trump belum memutuskan bagaimana respon lanjutan terhadap Suriah.

Sebelumnya, pemerintah AS, Inggris, dan Perancis menuding rezim Bashar al-Assad melakukan serangan senjata kimia di kota Douma pada akhir pekan lalu.

"Belum ada keputusan final," kata sekretaris pers Gedung Putih, Sarah Sanders.

Dia menambahkan, Trump akan melakukan diskusi dengan Presiden Perancis Emmanuel Macron dan PM Inggris Theresa May terlebih dahulu.

Kemudian, Gedung Putih merilis hasil pembicaraan telepon antara Presiden Trump dan PM Theresa May.

"Kedua pemimpin sepakat melanjutkan diskusi perlunya respon bersama terhadap penggunaan senjata kimia oleh Suriah," demikian Gedung Putih.

Sementara, juru bicara Downing Street, kantor PM Inggris, menyebut bahwa kedua pemimpin sepakat penggunaan senjata kimia tak bisa dibiarkan begitu saja.

"Selain itu dibutuhkan cara untuk mencegah rezim Assad kembali menggunakan senjata kimia di masa depan," tambah juru bicara kantor PM Inggris.

Namun, Menteri Pertahanan AS Jim Mattis memberikan sebuah catatan tegas dengan menyatakan bahwa menghentikan pembunuhan rakyat tak berdosa harus mempertimbangkan risiko tak terkendalinya keadaan.

https://internasional.kompas.com/read/2018/04/13/19313101/peringatan-rusia-bikin-barat-ragu-untuk-menyerang-suriah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke