Salin Artikel

Hari Ini dalam Sejarah: "Union Jack" Resmi Jadi Bendera Inggris Raya

Bendera ini melambangkan persatuan antara Inggris dan Skotlandia yang dituangkan dalam sebuah dekrit kerajaan.

Bendera ini dibentuk atas gabungan bendera Inggris berupa palang merah atau dikenal dengan nama  Salib St George berlatar belakang putih.

Bendera ini kemudian digabung dengan bendera Skotlandia yaitu Salib St Andrew yang berupa tanda silang biru dengan latar belakang putih.

Awalnya gabungan bendera Inggris dan Skotlandia ini digunakan untuk keperluan maritim sebelum kemudian digunakan sebagai bendera nasional.

Sementara bendera Kerajaan Inggris Raya saat ini berasal dari sebuah proklamasi kerajaan menyusul penggabungan Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia pada 1801.

Sehingga bendera itu menjadi gabungan dari lambang tiga negara, Salib St George (Inggris) dipadu dengan Salib St Andrew (Skotlandia) yang kemudian ditambahkan dengah Salib St Patrick (Irlandia).

Sebagai catatan, satu-satunya negara bagian Inggris Raya yang tidak terwakili dalam bendera ini adalah Wales.

Penyebabnya, sebab bendera Wales diciptakan setelah negara itu diinvasi Inggris pada 1282. Kini Wales diwakili lambang Salib St George yang merupakan lambang Kerajaan Inggris termasuk Wales di dalamnya.

Nama Union Jack menjadi "sebutan resmi" karena sebelum menjadi bendera nasional, bendera ini digunakan untuk keperluan maritim Inggris.

Menurut Parlemen Inggris hingga awal abad ke-17 Inggris dan Skotlandia merupakan dua negara independen.

Situasi berubah pada 1603 ketika Ratu Elizabeth I meninggal dunia tanpa meninggalkan anak karena dia tak pernah menikah.

Alhasil, tahta Inggris kemudian diserahkan kepada keluarga terdekat Elizabeth I yaitu sepupunya Raja James VI, Raja Skotlandia.

Sehingga, sejak saat itu, Inggris dan Skotlandia diperintah monarki yang sama dan saat itu disebut sebagai persatuan dua mahkota.

Pada 1606, Raja James VI memerintahkan agar bendera Inggris diciptakan dengan menggabungkan dua lambang negara yaitu Salib St George dan St Andrew.

Hasilnya adalah Union Jack yang kata "Jack" sendiri adalah kependekan dari Jacobus yang dalam bahasa Latin bermakna James.

Pada saat Skotlandia menggelar referendum kemerdekaan pada 2014, banyak kalangan sudah mulai merancang bendera baru Inggris jika Skotlandia meninggalkan perserikatan.

Beruntung, rakyat Skotlandia masih memilih untuk bergabung dengan Kerajaan Inggris Raya sehingga bendera negeri itu belum berubah hingga kini.

Selain digunakan di Inggris, bendera beberapa negara-negara Persemakmuran biasanya menjadikan Union Jack sebagai bagian dari bendera nasional mereka misalnya Australia, Selandia Baru, dan Fiji.

Beberapa provinsi di Kanada masih membubuhkan Union Jack dalam bendera mereka seperti provinsi British Columbia, Ontario, Manitoba, Newfoundland, dan Labrador.

Sementara Kanada sebelumnya juga menggunakan Union Jack sebagai bendera nasionalnya sebelum menggunakan daun mapel sebagai bendera nasional sejak 1964.

https://internasional.kompas.com/read/2018/04/12/11564521/hari-ini-dalam-sejarah-union-jack-resmi-jadi-bendera-inggris-raya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke