Salin Artikel

WHO: Sekitar 500 Warga Suriah di Douma Terpapar Zat Kimia Berbahaya

Jumlah tersebut disampaikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mengecam serangan gas beracun di wilayah Douma, Sabtu (7/4/2018).

"Secara khusus, ada tanda-tanda iritasi parah pada membran mukosa, kegagalan pernapasan dan gangguan pada sistem saraf pusat dari mereka yang terpapar," kata WHO dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan di Jenewa, Rabu (11/4/2018).

Meski demikian, WHO pada dasarnya tidak memiliki kewenangan untuk menyelidiki penggunaan senjata kimia. Demikian diberitakan Reuters.com.

Organisasi Pelarangan Persenjataan Kimia (OPCW) yang memiliki kewenangan, saat ini masih mencari jaminan keselamatan dari Damaskus untuk memasuki wilayah Douma dan melakukan investigasi, meski hasilnya tidak sampai pada menunjuk pihak yang bertanggung jawab.

WHO mengatakan, lebih dari 70 orang yang diketahui tengah berlindung dari serangan udara di ruang bawah tanah di kota Douma dilaporkan telah meninggal.

Di antara para korban yang meninggal tersebut 43 menunjukkan tanda telah terpapar bahan kimia yang sangat beracun.

"Kita semua harus marah atas kejadian dan pemandangan mengerikan dari Douma ini," kata Peter Salama, Wakil Direktur Jenderal WHO untuk urusan kesiapsiagaan dan tanggap darurat.

"WHO menuntut akses tanpa hambatan segera ke wilayah tersebut agar dapat memberikan perawatan kepada para korban yang terkena dampak."

"Juga untuk menilai dampak kesehatan dan untuk memberikan respon kesehatan masyarakat yang komprehensif," tambahnya.

WHO mengatakan telah melatih lebih dari 800 staf kesehatan Suriah untuk mengenali gejala dan mengobati pasien yang terpapar senjata kimia.

PBB juga telah mendistribusikan obat penawar untuk agen saraf, termasuk di Douma yang terkepung tahun lalu.

https://internasional.kompas.com/read/2018/04/11/23030191/who-sekitar-500-warga-suriah-di-douma-terpapar-zat-kimia-berbahaya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke