Salin Artikel

Sekolah di Dubai Ini Tak Pernah Berikan PR untuk Para Siswanya

Manajemen Rising School, nama sekolah itu, mengutip hasil studi Universitas Stanford yang menyebut pekerjaan rumah hanya akan memberi dampak buruk bagi para siswa.

Sekolah yang menerapkan kurikulum Amerika itu tak sembarangan mengambil kebijakan tanpa pekerjaan rumah ini.

Manajemen sekolah berpendapat terlalu banyak pekerjaan rumah membuat tingkat stres siswa semakin tinggi yang bisa berpengaruh terhadap kondisi fisik mereka.

Selain itu, tak semua orangtua memiliki kemampuan untuk membantu anak-anak mereka belajar dan mengerjakan pekerjaan rumah.

"Banyak alasan valid mengapa kami tidak memberikan pekerjaan rumah demi perkembangan proses belajar," kata Michael Bartlett, kepala sekolah Rising School, kepada Gulf News.

"Satu contoh, pelajar yang berjuang untuk memahami materi pelajaran mungkin akan terbebani dengan perasaan tak berdaya. Sementara bagi siswa yang cerdas pekerjaan rumah bisa jadi tak terlalu menantang lagi," tambah Bartlett.

Dengan kebijakan tanpa pekerjaan rumah ini, lanjut Bartlett, memungkinkan siswa mengembangkan hobi dan minat mereka serta memfasilitasi perkembangan mereka di antara orang dewasa.

"Hasilnya, mereka memiliki waktu untuk membahas buku bagus dengan orangtua, meningkatkan kemampuan bahasa mereka serta memicu kreatifitas," tambah Bartlett.

Bartlett mengatakan, dengan pendekatan ini pihak sekolah justru mendorong siswanya untuk mengeksplorasi situasi sekitar tanpa harus terbebani pekerjaan rumah.


https://internasional.kompas.com/read/2018/04/10/12492261/sekolah-di-dubai-ini-tak-pernah-berikan-pr-untuk-para-siswanya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.