Salin Artikel

16 Tahun Dipaksa Bekerja, Gajah Buta Ini Akhirnya Mendapat Kebebasan

Ploy Thong, nama gajah itu, diselamatkan oleh staf Yayasan Penyelamat Gajah dari pemiliknya yang mempekerjakanya di sebuah tempat wisata di Pattaya, Thailand.

Tidak dijelaskan mengapa Ploy Thong yang diperkirakan berusia 30 tahun itu mengalami buta di kedua matanya. Namun sebelum dipekerjakan di tempat wisata, gajah itu pernah bekerja di sebuah sirkus.

Dilansir dari Metro.co.uk, di Pattaya, Ploy Thong harus bekerja membawa turis di punggungnya sejak pagi hingga matahari terbenam.

Karena kedua matanya yang buta, Ploy Thong mengandalkan belalainya untuk meraba dan mencari rute, sementara para turis duduk di punggungnya.

Ploy Thong ditemukan oleh staf Yayasan Penyelamat Gajah saat mereka dalam misi membebaskan seekor gajah lain bernama Bua Keaw di Pattaya.

Setelah melihat kondisi Ploy Thong yang menyedihkan, staf memutuskan akan membebaskannya.

"Kami melihatnya sedang dipekerjakan saat dalam perjalanan menyelamatkan gajah bernama Bua Keaw. Kami kemudian menemui pemilik Ploy Thong dan mulai bernegosiasi untuk pembebasannya," kata salah seorang staf Yayasan Penyelamat Gajah.

Setelah mencapai kesepakatan dengan sang pemilik, yayasan membawa Ploy Thong ke Taman Alam Gajah di distrik Mae Taeng, Provinsi Chiang Mai, Thailand, dan untuk pertama kalinya setelah diselamatkan, Ploy Thong dipertemukan dengan gajah lain di taman itu pada 3 Februari lalu.

Momen pertemuan Ploy Thong dengan gajah lain itu direkam oleh staf Taman Alam Gajah. Tampak Ploy Thong yang berusaha meraba jalan menggunakan belalainya.

Tak butuh waktu lama bagi Ploy Thong untuk berkenalan dengan gajah lain menggunakan belalainya dan tampaknya Ploy Thong telah diterima dalam kawanan gajah di taman alam tersebut.

https://internasional.kompas.com/read/2018/04/07/16283021/16-tahun-dipaksa-bekerja-gajah-buta-ini-akhirnya-mendapat-kebebasan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke