Salin Artikel

Di Usia 92 Tahun, Mahathir Mohamad Kembali ke Dunia Politik

Namun, hal itu tak berlaku bagi politisi kawakan sekaligus mantan PM Malaysia, Mahathir Mohamad.

Di usianya yang amat senja itu, Mahathir berencana kembali ke kancah politik Malaysia sebagai oposisi pemimpin petahana Najib Razak.

Jika Mahathir bisa mengalahkan koalisi partai yang selama enam dekade menguasai Malaysia, dia akan menjadi perdana menteri tertua di dunia.

Kembalinya pria yang pernah memerintah Malaysia selama 22 tahun itu ke dunia politik menjadi sebuah kelahiran kembali yang dramatis.

Hal ini dipicu kekesalan Mahathir terhadap Najib, anak didiknya di dunia politik, yang terlibat megaskandal 1MDB yang bernilai jutaan dollar AS itu.

Bergabung dengan kelompok oposisi, Mahathir kini membuang dadunya dengan gabungan partai, yang ironisnya, ditekannya pada masa dia berkuasa.

Menampung Mahathir juga menjadi perjudian bagi kelompok oposisi Malaysia. Sebab, sang mantan perdana menteri ini merupakan tokoh yang masih amat berpengaruh.

Di mata para sekutu dekatnya, Mahathir dikenal sebagai pejuang bagi warga mayoritas Melayu dan bapak pembangunan Malaysia modern.

Dia dianggap berhasil menjadikan Malaysia yang awalnya bukan negara terpandang menjadi sebuah bangsa yang disegani.

Namun, Mahathir juga kerap dikritik terutama terkait masalah HAM, mengabaikan sistem hukum, memenjarakan lawan politik, dan mendorong kebijakan yang memperuncing pemisahan etnis di Malaysia.

Mahathir juga dikenal dengan ketajaman lidahnya saat menyerang lawan politik dan memandang Barat adalah  neo-kolonialisme, rakus, pemicu perang, dan pendukung seks menyimpang.

Meski demikian, koalisi oposisi yakin hubungan Mahathir dengan warga Malaysia pedesaan menjadi "kartu as" dalam pemilihan nanti.

Oposisi berharap Mahathir bisa mengalihkan suara dari koalisi berkuasa Barisan Nasional untuk menambah suara yang sudah diperoleh dari masyarakat perkotaan dan kelompok minoritas.

Sebelumnya, PM Najib Razak mengumumkan pembubaran parlemen pada Jumat (6/4/2018) sehingga pemilihan umum bakal digelar dalam beberapa pekan mendatang. 

https://internasional.kompas.com/read/2018/04/06/13412091/di-usia-92-tahun-mahathir-mohamad-kembali-ke-dunia-politik

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke