Salin Artikel

Staf Bandara Bangkok Tepergok Mencuri Uang Milik Turis AS

Dalam rekaman CCTV terlihat seorang turis berusia lanjut mengosongkan kantung celana dan memasukkan dompetnya ke dalam sebuah nampan plastik di bandara Suvarnabhumi, Selasa (3/4/2018).

Dan beberapa saat setelah turis uzur itu melintasi pemeriksaan sinar X, petugas bernama Thanat Rattana (25) mulai "memeriksa" dompet milik turis tersebut.

Thanat kemudian mengambil beberapa lembar uang kertas, meletakkan kembali dompet itu ke dalam nampan, dan memasukkan uang bernilai sekitar 6.000 baht atau sekitar Rp 2,6 juta.

Beberapa saat kemudian, turis lanjut usia itu menyadari telah kehilangan uang dan melaporkan masalah itu kepada petugas bandara.

Karena turis itu melapor kehilangan uang saat proses pemeriksaan barang, maka pihak keamanan bandara mengamankan beberapa orang termasuk Thanat.

Awalnya, Thanat membantah telah mencuri uang turis Amerika itu. Namun, dia tak bisa mengelak setelah petugas keamanan memperlihatkan video berisi rekaman aksinya itu.

Kepada polisi Thanat mengatakan, dia membutuhkan uang itu untuk kembali ke kampung halamannya.

Dia mengaku tak lagi memiliki uang karena ongkos untuk pulang pergi ke tempat kerja amat mahal dan menghabiskan sebagian besar penghasilannya.

Thanat kemudian dijerat tuduhan melakukan pencurian dan kemudian ditahan di sel khusus di bandara internasional itu.

"Hal pertama yang kami lakukan adalah menghubungi pihak manajemen perusahaan keamanan untuk memberitahu insiden ini," kata direktur bandara Suvarnabhumi, Kittipong Kittikajorn.

"Mereka harus mencari pegawai yang lebih memenuhi syarat. Apalagi sistem keamanan bandara ini sudah disesuaikan dengan standar internasional," kata Kittipong.

"Uang yang dicuri itu sudah dikembalikan kepada pemiliknya sebelum dia naik pesawat," lanjut dia.

https://internasional.kompas.com/read/2018/04/04/20541991/staf-bandara-bangkok-tepergok-mencuri-uang-milik-turis-as

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke