Salin Artikel

Sebuah Bom Rakitan Ditemukan di Dalam Mobil di Brisbane

Kepolisian menyebut bom yang ditemukan dalam mobil di tempat parkir di depan pusat perbelanjaan Redbank Plaza tersebut memiliki daya ledak cukup tinggi dan mampu menimbulkan kerusakan serius.

Perangkat bom tersebut terdeteksi setelah staf Dewan Kota Ipswich yang memantau rekaman CCTV pada Senin (2/4/2018) dini hari, mendapati dua orang yang bertingkah mencurigakan di area parkir pusat perbelanjaan tersebut.

Unit penjinak bom langsung didatangkan dan sebuah zona eksklusif dengan jarak 100 meter dipasang di sekitar mobil tempat perangkat bom ditemukan.

Sersan Polisi Senior Gareth James mengatakan, perangkat peledak tersebut disembunyikan di dalam sebuah kotak kardus.

"Bukan pupuk, ada cairan di dalamnya yang memiliki sifat dapat meledak yang juga memiliki beberapa komponen lain," ujar James.

Ketika ditanya lebih lanjut oleh wartawan mengenai perangkat mencurigakan tersebut, termasuk ada tidaknya sebuah detonator, James tidak menjawab.

"Saya tidak akan mengatakan apapun pada tahap ini," ujarnya.

Namun dia menegaskan perangkat bom tersebut bukan sekadar bom Molotov dan bukan sebuah tipuan.

Seorang pria dan seorang wanita telah ditangkap dan Sersan Senior James mengatakan dia memperkirakan keduanya akan muncul di Pengadilan Magistrasi Ipswich pada Selasa (3/4/2018) pagi.

Polisi mengatakan, mobil dimana para tertuduh berada jika bukan mobil curian diduga adalah mobil yang diperoleh melalui penipuan.

Kepolisian Ipswich dalam kondisi bersiaga penuh menjelang perhelatan Pesta Olahraga Negara-negara Persemakmuran Inggris yang akan dimulai pada Rabu (4/4/2018) di Gold Coast, Queensland.

https://internasional.kompas.com/read/2018/04/02/23582581/sebuah-bom-rakitan-ditemukan-di-dalam-mobil-di-brisbane

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke