Salin Artikel

Turki Tolak Tawaran Perancis untuk Mediasi dengan Milisi Kurdi

Dilansir dari AFP, Presiden Perancis Emmanuel Macron pada Kamis (29/3/2018) mengungkapkan harapannya agar dapat dilakukan dialog antara Turki dengan milisi Kurdi di Suriah.

Dialog tersebut diharapkan dapat terwujud dengan bantuan Paris bersama komunitas internasional sebagai penengah. Namun tawaran itu langsung ditolak oleh Turki.

"Kami menolak segala upaya yang mempromosikan dialog, kontak atau mediasi antara Turki dengan organisasi-organisasi teroris," kata juru bicara kepresidenan Ibrahim Kalin melalui akun Twitter-nya, Jumat (30/3/2018).

Milisi Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) telah menjadi bagian penting dalam pasukan SDF, yang belum lama ini terusir dari wilayah Afrin oleh operasi militer yang dilancarkan Turki.

Militer Turki memulai operasi militer yang disebut Ranting Zaitun itu dengan menargetkan milisi YPG pada Januari lalu.

Setelah mengusir milisi Kurdi dari Afrin, kini tentara Turki bersiap menuju kota Manbij untuk melanjutkan operasi militer.

Ankara menganggap kelompok milisi itu berhubungan dengan organisasi terlarang Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang telah dilabeli teroris setelah melancarkan pemberontakan di Turki pada 1984.

"Posisi Turki terhadap PKK maupun YPG yang berusaha melegitimasi diri sebagai bagian dari SDF, sangat jelas," kata Kalin.

Kalin menambahkan, pihaknya turut memberi peringatan kepada Paris maupun negara-negara lain untuk tidak mengambil tindakan yang dapat dianggap sebagai bentuk legitimasi terhadap kelompok teror.

"Negara-negara yang kami anggap teman dan sekutu harus bersikap tegas terhadap semua bentuk terorisme. Berbagai nama dan penyamaran tidak akan dapat menyembunyikan identitas sebenarnya dari organisasi teror," tambahnya.

Di saat Turki melihat YPG sebagai kelompok teror, Paris dan juga rekan sekutu NATO-nya, AS, menganggap kelompok tersebut sebagai kekuatan kunci yang pernah membantu perlawanan mengusir ISIS dari Suriah.

https://internasional.kompas.com/read/2018/03/30/16415201/turki-tolak-tawaran-perancis-untuk-mediasi-dengan-milisi-kurdi

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.