Salin Artikel

Rusia: Tentara Suriah Hampir "Lenyapkan" Teroris dari Ghouta

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov yang baru saja bertemu utusan Suriah untuk PBB, pada Kamis (29/3/2018) mengatakan, sekitar 90 persen wilayah Ghouta kini telah kembali dikuasai oleh militer Suriah.

Militer Rusia telah mendukung rezim Bashar al Assad sejak 2015, saat tentara Suriah melancarkan serangan besar-besaran terhadap pemberontak di pinggiran Damaskus.

Serangan tersebut dilaporkan turut menewaskan hingga lebih dari 1.600 warga sipil Suriah.

"Sebagai hasil dari operasi anti-teroris yang dilancarkan di Ghouta Barat, saat ini unsur-unsur teroris sudah hampir dihapuskan dari wilayah pinggiran ibu kota Suriah," kata Lavrov dikutip AFP.

Pasukan Suriah kini tengah menguras kantong-kantong oposisi yang tersisa dan menegosiasikan penarikan kelompok pemberontak yang dimediasi oleh Rusia.

Moskwa setidaknya telah meloloskan dua kesepakatan negosiasi antara kelompok pemberontak dengan otoritas Suriah, meminta para pemberontak meninggalkan wilayah kantong.

Saat ini, Rusia tengah berupaya membujuk kelompok Jaish al-Islam, yang menguasai bagian ketiga dan terakhir wilayah kantong Damaskus, untuk pergi meninggalkan kawasan itu.

"Negosiasi dengan Jaish al-Islam masih terus dilakukan. Mereka menghubungi kami, mengirim surat, berbicara melalui telepon, juga bertemu dengan kami," kata Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Mikhail Bogdanov.

Bogdanov meyakini proses negosiasi masih akan bergerak maju hingga tercapai kesepakatan.

Sementara itu, utusan Suriah untuk PBB, Staffan de Mistura, juga menggelar pertemuan dengan Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Choigu, dalam kunjungannya ke Moskwa.

Dia mengatakan, selanjutnya militer Suriah akan mulai membawa kembali warga yang mengungsi ke rumah mereka di Ghouta Barat dan berharap dapat menjalani kehidupan normal.

"Sampai dengan saat ini sudah lebih dari 130.000 pengungsi dan 11.000 anggota kelompok bersenjata yang meninggalkan wilayah Ghouta melalui jalr kemanusiaan yang disiapkan," kata de Mistura.

https://internasional.kompas.com/read/2018/03/30/11423981/rusia-tentara-suriah-hampir-lenyapkan-teroris-dari-ghouta

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke