Salin Artikel

Jelang Pertemuan AS-Korea Utara, Kenapa Jepang Justru Khawatir?

Dilansir dari Japan Today, Perdana Menteri Jepang Shizo Abe pada Rabu (28/3/2018) mengaku cemas apabila ancaman keamanan dari Korea Utara terhadap Jepang, termasuk peluncuran rudal jarak pendek dan menengah, tidak akan dibicarakan dalam pertemuan AS-Korea Utara.

Kepada parlemen, Abe khawatir jika Presiden AS Donald Trump akan fokus pada permasalahan rudal balistik antarbenua (ICBM) dan mengabaikan misil jarak dekat yang mengancam Jepang.

"Saya khawatir kalau rudal jarak menengah dan pendek, yang merupakan jenis rudal yang mengancam Jepang, mungkin tidak dibicarakan dalam pertemuan itu, di mana fokusnya mungkin terbatas pada ICBM," ucapnya.

"Saya juga takut jika AS dapat mencapai kesepakatan pelarangan uji coba nuklir, tapi akhirnya menerima kepemilikan senjata nuklir Korea Utara," tambahnya.

Dia mendesak agar komunitas internasional membuat Korea Utara benar-benar meninggalkan program nuklirnya.

Abe juga menyebutkan keinginan Jepang untuk menyelesaikan penculikan oleh Korea Utara terhadap puluhan warga Jepang selama 1970-an hingga 1980-an.

Seperti diketahui, pada 15 September 2017, Korea Utara kembali menembakkan rudal ke arah timur melewati wilayah udara Hokkaido, Jepang utara dan jatuh di Samudera Pasifik.

Sebelumnya, rudal jarak menengah Hwasong-12, juga ditembakkan oleh Korea Utara melewati Jepang.

Rudal terbang melintasi wilayah udara Jepang dan jatuh di Samudera Pasifik hingga memicu kepanikan warga di Jepang utara, pada 3 September 2017.

Sementara, awal pekan ini, Kim Jong Un menerima undangan Presiden China Xi Jinping untuk berkunjung ke Beijing.

Tak ada yang tahu rencana besar Korea Utara yang kini mulai membuka tabir isolasinya. Sebagian besar menilai, sejumlah sanksi berat internasional telah melemahkan negara tersebut.

Pengamat menilai, Korea Utara mungkin sedang mencoba memanfaatkan hubungan AS dan China yang memburuk setelah pemberlakuan tarif baja serta ancaman perang dagang.

https://internasional.kompas.com/read/2018/03/29/11595001/jelang-pertemuan-as-korea-utara-kenapa-jepang-justru-khawatir

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke