Salin Artikel

Seoul Kembali Pulangkan Sisa-sisa 20 Tentara China Korban Perang Korea

Kementerian Pertahanan Korsel menyebut tindakan itu menggambarkan hubungan kedua negara yang mulai kembali membaik setelah sempat saling bermusuhan di masa perang.

Tentara Korea Selatan memulangkan sisa-sisa 20 tentara tersebut menggunakan peti kayu yang ditutupi dengan bendera China dan diserahkan kepada tentara penjaga kehormatan China di bandara Incheon untuk kemudian dibawa menggunakan pesawat kargo.

Dengan pemulangan kali ini jumlah total sisa tentara China yang dipulangkan sejak tercapainya perjanjian pada 2013 menjadi sebanyak 589 orang. Demikian dilansir AFP.

Prosesi pemulangan dilakukan menjelang dilangsungkannya festival tahunan Qingming, atau pembersihan makam, di China, di mana warga mengunjungi dan membersihkan makam leluhur mereka.

Diperkirakan hingga tiga juga pasukan tentara komunis China yang ikut mendukung Korea Utara dalam perang yang berlangsung sejak 1950 hingga 1953.

Masyarakat China menyebut peperangan di wilayah Semenanjung Korea itu sebagai perang menentang agresi AS dan bantuan Korea.

Tentara komunis China berhasil menyelamatkan Korea Utara dari kekalahan saat berhadapan dengan pasukan PBB yang dipimpin AS dan mendesak tentara Kim Il Sung kembali ke perbatasan China pada akhir 1950.

Perang berhenti usai kedua Korea menyepakati perjanjian gencatan senjata dan menetapkan zona demiliterisasi yang memisahkan kedua negara di semenanjung itu.

Jumlah korban jiwa akibat perang tersebut masih menjadi perdebatan, dengan pihak barat menyebut korban dari tentara China sebanyak 400.000, namun sumber di negeri Tirai Bambu memberikan angka korban sekitar 180.000 jiwa.

https://internasional.kompas.com/read/2018/03/28/23052101/seoul-kembali-pulangkan-sisa-sisa-20-tentara-china-korban-perang-korea

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke