Salin Artikel

Serangan Tujuh Rudal Houthi ke Arab Saudi, Iran Bantah Terlibat

Pemerintah Saudi mengklaim memiliki bukti dari serpihan sisa rudal yang telah dicegah menghantam kota-kotanya itu dan menyimpulkan rudal merupakan buatan Iran.

Riyadh bahkan berjanji akan mengambil tindakan terhadap Iran pada waktu dan tempat yang tepat atas serangan kelompok Houthi tersebut.

Namun para pejabat dan analis Iran, pada Selasa (27/3/2018) membantah klaim koalisi pimpinan Arab Saudi dan menyebut upaya memasok persenjataan maupun rudal ke Yaman tidak mungkin dilakukan.

Kementerian Luar Negeri Iran mengakui adanya dukungan terhadap kelompok Houthi di Yaman, namun menyangkal hubungan militer antara Teheran dengan pasukan pemberontak tersebut.

Dilansir dari AFP, juru bicara kementerian Bahram Ghamesi pun membalas tuduhan Arab Saudi dengan menyebut pernyataan tidak bertanggung jawab yang dilontarkan koalisi dapat ditindaklanjuti secara legal di tingkat internasional.

Sementara itu, perwira politik Iran, Yadollah Javani yang bertugas sebagai pengawal revolusi elit, menilai klaim yang disampaikan koalisi adalah untuk mengalihkan opini publik dari kekejaman yang dilakukan koalisi terhadap warga sipil di Yaman.

"Kenyataannya adalah bangsa Yaman berdiri untuk agresi Saudi dan telah berhasil membangun alat pertahanan dengan mengandalkan kemampuannya sendiri, termasuk kekuatan rudal, dan ini adalah hal yang tidak pernah dibayangkan oleh Arab Saudi," ujarnya dilaporkan kantor berita Tasnim.

Javani menambahkan, Iran tidak mungkin mengirim senjata ke Yaman karena adanya blokade yang dikenakan oleh koalisi pimpinan Saudi, yang telah terlibat dalam kampanye pemboman udara terhadap Houthi sejak 2015.

Sementara, analis politik di Universitas Teheran, Mohammad Marandi mengatakan, konflik Yaman telah mengekspos kelemahan Arab Saudi.

"Saudi tidak mampu mengalahkan salah satu negara termiskin di dunia. Meskipun Saudi memiliki ratusan miliar dolar senjata dari negara-negara Barat untuk membantai orang-orang ini dan memaksakan kelaparan, mereka telah gagal sepenuhnya," kata Marandi.

https://internasional.kompas.com/read/2018/03/28/19074971/serangan-tujuh-rudal-houthi-ke-arab-saudi-iran-bantah-terlibat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke