Salin Artikel

Bawa Pisau dan Granat, Tiga Warga Palestina Ditahan Tentara Israel

Pejabat militer Israel menyampaikan, penangkapan dilakukan di wilayah Israel, di dekat pangkalan militer, yang berjarak sekitar 20 kilometer dari perbatasan.

Otoritas Israel juga merilis gambar yang menunjukkan sejumlah pisau, granat serta alat pemotong kawat yang ditemukan bersama dengan tiga orang yang ditahan.

"Saat ini kami belum mengetahui siapa yang mengirim dan dengan tujuan apa ketiga orang itu dikirim," kata juru bicara militer Israel kepada AFP.

Penahanan itu dilakukan di tengah situasi wilayah perbatasan yang sedang memanas menjelang aksi protes yang akan dilakukan memperingati Hari Tanah Palestina, dalam rangka peringatan terbunuhnya enam demonstran Arab tak bersenjata dalam aksi proters menentang Israel pada 1976.

Aksi dijadwalkan mulai dilangsungkan pada Jumat (30/3/2018) mendatang di Gaza dan Tepi Barat.

Aksi peringatan pada tahun ini dikhawatirkan lebih mudah terjadi gesekan dan konflik menyusul tingkat kemarahan warga Palestina yang sedang tinggi usai pengakuan Presiden AS Donald Trump terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Warga Gaza telah diajak untuk bergerak ke arah pagar perbatasan Israel yang telah menutup wilayah pesisir dari negara Yahudi itu.

Sudah terjadi beberapa kali insiden di sepanjang perbatasan itu dalam beberapa hari terakhir.

Amarah penduduk Palestina semakin bertambah menyusul pernyataan dari Menteri Pembangunan Israel Yoav Gallant yang memperingatkan peserta aksi yang berupaya melanggar wilayah perbatasan pada peringatan Hari Tanah.

"Jika mereka ingin melakukan aksi damai di dalam Jalur Gaza, itu menjadi urusan mereka sendiri. Tapi jika kami melihat adanya niatan untuk menyeberangi perbatasan, kami tidak akan menunggu hingga detik terakhir saat ribuan massa menghancurkan pagar," ujarnya.

https://internasional.kompas.com/read/2018/03/27/22572731/bawa-pisau-dan-granat-tiga-warga-palestina-ditahan-tentara-israel

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke