Salin Artikel

Militer China Gelar Uji Coba Tank Tanpa Awak

Dilaporkan surat kabar pemerintah pada Rabu (21/3/2018), uji coba itu sebagai lanjutan program modernisasi militer yang tengah digalakkan negara tersebut.

Sementara, stasiun televisi pemerintah menampilkan gambar saat dilaksanakannya uji coba tank tanpa awak tersebut. Sebuah rekaman memperlihatkan tank tipe 59 yang dikendalikan menggunakan alat kontrol jarak jauh.

Dilansir dari SCMP, uji coba kali ini sekaligus menjadi kali pertama tank tanpa awak buatan China itu diperlihatkan kepada publik.

Tank tipe 59 tersebut merupakan kendaraan berat yang didasarkan pada model pertama buatan Soviet yang pernah digunakan militer China pada tahun 1950-an.

Tank tersebut telah diproduksi dalam jumlah besar dan memiliki jangka waktu pemakaian yang panjang.

Sejumlah besar tank tipe 59 yang akan dipensiunkan tersebut kini telah diubah menjadi kendaraan perang tanpa awak yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan," ujar Liu Qingshan, Kepala Editor Kendaraan Lapis Baja dan Tank, kepada surat kabar.

Ditambahkan dalam laporan, dengan adanya sistem kecerdasan buatan, tank tanpa awak tersebut dimungkinkan untuk bekerja dengan peralatan nirawak lainnya.

Selain itu juga dapat diintegrasikan dengan informasi dari satelit, pesawat tempur maupun kapan selam.

Militer China saat ini sedang melakukan program modernisasi besar-besaran terhadap angkatan perangnya. Selain tank tanpa awak, pengembangan lain juga dilakukan terhadap pesawat tempur siluman dan kapal induk.

Langkah modernisasi itu jugua sejalan dengan arah pandangan pemimpin China, Xi Jinping yang kerap menegaskan bahwa kekuatan negaranya sedang bertumbuh.

https://internasional.kompas.com/read/2018/03/21/16484231/militer-china-gelar-uji-coba-tank-tanpa-awak

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke