Salin Artikel

Militer China Kirim Kapal Induk ke Selat Taiwan

Kementerian Pertahanan China menyampaikan, kapal induk Liaoning beserta sejumlah kapal pendamping memasuki wilayah pertahanan Taiwan sejak Selasa dan kembali pada Rabu siang.

Aksi tersebut dilancarkan militer China bersamaan dengan pidato Presiden Xi Jinping yang memperingatkan bakal menindak segala upaya yang bertujuan memecah belah negaranya.

"Segala tindakan dan trik untuk memisahkan bagian negara ini akan berakhir dengan kegagalan, mendapat kecaman rakyat dan dihukum oleh sejarah," kata Xi saat pidato penutup acara tahunan Kongres Rakyat Nasional, Selasa (20/3/2018).

Otoritas China sampai saat ini masih melihat Taiwan sebagai bagian dari negaranya yang menunggu untuk penyatuan kembali, meski kedua pihak telah berpisah sejak 1949 usai perang sipil dan menjalani pemerintahan masing-masing.

Hubungan antara Taiwan dengan China semakin dingin sejak Presiden Tsa Ing-wen menjabat dan menolak mengakui pulau Taiwan sebagai bagian dari China.

China tengah meningkatkan aktivitas latihan militer, baik angkatan laut maupun udara di sekitar pulau tersebut, tindakan yang disebut Tsai sebuah ekspansi militer dan mengecam keras.

Pada Januari 2017 lalu, sebuah kapal induk China memasuki wilayah Selat Taiwan dan menimbulkan ketegangan antara kedua pemerintahan. Tindakan serupa juga terjadi pada Januari lalu.

Kementerian Pertahanan China menyatakan, kegiatan kapal induk di Selat Taiwan adalah dalam misi pengawasan.

"Tidak ada aktivitas yang tidak biasa telah terlihat dan kami mengharapkan masyarakat tetap tenang," kata Menteri Pertahanan Yeh De-fa pada Rabu (21/3/2018), dilansir AFP.

https://internasional.kompas.com/read/2018/03/21/14355091/militer-china-kirim-kapal-induk-ke-selat-taiwan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke