Salin Artikel

5 Fakta Unik tentang Putin: Pencinta Hewan hingga Sabuk Hitam Judo

Sebagai salah satu figur fenomenal di dunia, pria kelahiran 7 Oktober 1952 ini dikenal tertutup mengenai kehidupan pribadinya.

Namun, beberapa fakta unik justru membuat Putin sebagai sosok yang berbeda dari citra yang selama ini melekat padanya.

Berikut lima fakta yang jarang diketahui tentang Putin.

1. Pencinta hewan

Sebagai pemimpin Rusia, Putin kerap dihadapkan pada isu-isu politik global strategis yang tak jarang melibatkan Amerika Serikat dan negara besar lainnya.

Namun, di balik sosoknya yang penuh kontroversi, Putin merupakan pencinta hewan.

Dia memiliki anjing gembala Bulgaria bernama Buffy. Nama anjing tersebut dipilih dalam kontes nasional yang diikuti penduduk Rusia. Putin juga punya anjing jenis Akita Inu bernama Yume.

Pada Oktober 2017, Putin bertemu dengan Presiden Turkmenistan Gurbanguly Berdymukhammedov untuk meningkatkan hubungan bilateral.

Dalam kesempatan itu, Berdymukhammedov membawa seekor anak anjing Alabai. Putin langsung mengangkat dan menggendongnya. Dia tampak tersenyum dan memberikan ciuman di kepala anak anjing tersebut.

2. Memainkan piano

Tidak hanya ahli di bidang olahraga, Putin ternyata juga mencintai seni.

Putin kerap memainkan jemarinya di tuts piano. Pada 2010, dia menunjukkan kemampuannya itu dalam acara amal di St Peterburg sebelum bernyanyi lagu dari Fat Domino berjudul "Blueberry Hill".

Juru bicara Putin mengatakan, sang presiden harus mengikuti kursus bahasa Inggris untuk mempelajari lirik lagu tersebut.

Pada tahun lalu, sebuah video Putin bermain piano menjadi populer di Beijing.

Sambil menunggu pertemuan dengan Presiden China Xi Jinping, Putin terekam sedang duduk di depan piano sambil memainkan tutsnya dalam alunan lagu karya Vasily Solovyov-Sedoi berjudul "Evening Song" dan "Moscow Windows" dari Tikhon Khrennikov.

3. Sabuk hitam judo

Putin merupakan pencinta olahraga bela diri judo. Ibunya sempat tak menyetujui keputusannya untuk mulai belajar judo pada usia 11 tahun.

Namun, Putin telah mendapatkan sabuk hitamnya di judo pada 2001. Tak hanya itu, Putin juga mendapat peringkat ke-9 taekwondo pada 2013 dan sabuk hitam di karate pada 2014.

Putin tidak pernah berhenti berlatih martial art itu sejak usia 13 hingga 14 tahun.

Pada September 2006, dia menjadi presiden kehormatan Uni Judo Eropa dan pada 2010 menerima gelar doktor kehormatan dalam bidang judo dari Universitas Yong In di Korea Selatan.

Putin juga menyabet gelar ganda pada Sambo di St Petersburg dan master olahraga Sambo.

4. Putin tidak mahir bahasa Inggris

Putin tidak mahir dalam berbahasa Inggris. Selain bahasa ibu Rusia, Putin lebih menguasai bahasa Jerman ketimbang bahasa Inggris.

Putin sering memilih menggunakan bahasa Jerman ketika berkunjung ke negara yang menggunakan bahasa tersebut. Dia bahkan menggunakan bahasa Jerman untuk acara resmi.

Ketika ditanyai mengenai bahasa apa yang dikuasainya, Putin selalu menjawab dengan sederhana.

"Di Rusia, saya bisa berbahasa Jerman dan saya hanya bisa sedikit berbicara dalam bahasa Inggris," katanya.

Putin pernah mengendarai mobil Formula 1, melakukan paralayang, menyukai bela diri, dan melakukan segala aktivitas yang menguji keberanian pria.

Lalu, sempat beredar pula foto Putin menunggangi seekor beruang. Tunggu dulu, foto itu ternyata bukanlah foto asli, melainkan hasil suntingan.

Putin sebenarnya menunggangi seekor kuda di pegunungan wilayah Tyva, Siberia, ketika sedang menikmati liburan pada Agustus 2009.

Liburan Putin kala itu tidak dihabiskan dengan berwisata menikmati kota, makanan, dan taman hiburan. Dengan mengenakan celana tentara, dia berenang di danau terdalam di Siberia, berkemah, dan mendaki gunung.

https://internasional.kompas.com/read/2018/03/19/12300891/5-fakta-unik-tentang-putin-pencinta-hewan-hingga-sabuk-hitam-judo

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.