Salin Artikel

Duterte Minta Tentara Lemparkan Penyidik PBB ke Kandang Buaya

Dalam pembelaannya, Duterte mengatakan, dia bertanggung jawab penuh atas tindakan dari para penegak hukum Filipina.

Pernyataan keras ini muncul sehari setelah Ketua Badan HAM PBB Zeid Ra'ad Al Hussein menyebut Duterte membutuhkan pemeriksaan kejiwaan.

Pada Sabtu (10/3/2018), Duterte menegaskan agar para penegak hukum Filipina tak menjawab pertanyaan dari para penyidik PBB yang dipimpin Agnes Callamard.

"Jangan menjawab pertanyaan mereka. Lakukan pekerjaan kalian di dalam koridor hukum," kata Duterte kepada para tentara di kota Zamboanga.

"Serahkan semua kepada saya. Mereka akan datang ke Filipina. Apakah kalian punya buaya yang suka memangsa manusia? Lemparkan mereka kepada buaya," kata Duterte seperti dikutip harian Inquirer.

Duterte menambahkan, para penyidik Badan HAM PBB tak lebih dari sekumpulan orang bodoh yang tak memahami permasalahan di Filipina.

"Saya katakan kepada pengedar narkoba, jangan hancurkan negara saya atau kota saya karena saya akan membunuh kalian. Dan jangan hancurkan para pemuda negeri ini karena saya akan membunuh kalian," kata Duterte.

Respon Duterte ini muncul setelah pada Jumat pekan lalu, Komisioner Badan HAM PBB Zeid Ra'ad Al Hussein menyerukan agar lembaga itu menentang kekeraskepalaan Duterte.

"Dewan HAM PBB harus mengambil posisi. Sera ngan seperti ini tak akan dibiarkan," kata Zeid.

"Duterte harus menjalani pemeriksaan psikiater. Komentar semacam ini sama sekali tak bisa dibiarkan," tambah Zeid.

Sejak mengobarkan perang melawan narkoba, Duterte menjadi sasaran kritik global. Sebab kebijakannya itu berujung banyaknya pembunuhan ekstrajudisial di Filipina.

Menurut versi pemerintah sejak Juli 2016, perang melawan narkoba ini mengakibatkan setidaknya 4.000 orang tewas.

Namun, sejumlah organisasi HAM misalnya Aliansi Pengacara HAM Filipina (PAHRA) menyebut korban kebijakan Duterte ini sudah mencapai 12.000 orang.

https://internasional.kompas.com/read/2018/03/12/19585231/duterte-minta-tentara-lemparkan-penyidik-pbb-ke-kandang-buaya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke