Salin Artikel

Tidak Ada Tank dalam Parade Militer AS

Dalam memo yang dirilis oleh Pentagon, seperti dilansir Politico Jumat (9/3/2018), parade itu bertepatan saat perayaan Hari Veteran.

Dalam memo dari Menhan Jim Mattis ke Kepala Staf Gabungan Joe Dunford, inti dari parade itu adalah penghormatan terhadap kemerdekaan yang telah AS raih.

"Parade ini bakal fokus terhadap kontribusi veteran selama sejarah AS. Mulai dari Perang Revolusi, Perang 1812, hingga saat ini," kata Mattis dalam memo-nya.

Parade yang berlangsung sejauh 1,6 kilometer dari Gedung Putih hingga Gedung Capitol dimeriahkan beberapa atraksi.

Antara lain prajurit dari berbagai kesatuan, hingga pesawat tempur historis dari era Perang Dunia II hingga saat ini.

Namun, dari berbagai alat utama sistem persenjataan yang dipamerkan, Pentagon memutuskan untuk tidak menyertakan tank dalam parade.

"Kami ingin meminimalkan kerusakan di dalam kota. Jadi, parade hanya diikuti oleh kendaraan ringan saja," ulas memo tersebut.

Nantinya, dilaporkan AFP, Trump bakal menunggu di Capitol untuk meninjau pasukan, dengan dikelilingi para veteran, dan penerima Medal of Honor.

Direktur Keuangan Gedung Putih, Mick Mulvaney memperkirakan parade ini bakal menghabiskan dana hingga 30 juta dolar AS, sekitar Rp 413 miliar.

Trump meminta penyelenggaraan parade militer setelah terkesan dengan parade peringatan Bastille di Perancis, di mana dia menerima keriuhan pawai militer dari Presiden Perancis Emmanuel Macron pada Juli 2017.

Duduk di Champs-Elysees, Trump begitu terpesona dengan derap kuda maupun deru jet tempur Garda Republik Perancis.

https://internasional.kompas.com/read/2018/03/10/13275671/tidak-ada-tank-dalam-parade-militer-as

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke