Salin Artikel

Turki Minta AS Cegah Pasukan Aliansi Suriah Menuju Afrin

Sebanyak 1.700 anggota dari aliansi Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung AS berniat meninggalkan medan perang melawan ISIS di wilayah timur Suriah untuk menuju wilayah Afrin yang kini sedang di bawah Operasi Militer Turki.

Militer Turki mulai melancarkan operasi militer dengan kode Ranting Zaitun ke Afrin dengan menargetkan milisi bersenjata dari Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG).

"Kami mengharap AS dapat mengambil langkah untuk menghentikan pasukan aliansi Suriah yang bergeser dari Manbij ke Afrin," kata juru bicara kepresidenan Turki, Ibrahim Kalin dalam siaran televisi, Rabu (7/3/2018).

"Ini adalah hak mereka, apakah akan melakukannya atau tidak menjadi pertanyaan yang berbeda. Tapi kami telah melakukan semua tindakan yang diperlukan," kata Kalin menambahkan.

AS yang memiliki kehadiran militer di Manbij, berbeda pandangan dengan Turki mengenai serangan yang dilancarkan ke Afrin dan juga YPG yang merupakan bagian dari Pasukan Demokratik Suriah.

Saat Ankara memandang YPG sebagai musuh dan teroris, AS justru merasa dibantu oleh YPG saat mengusir ISIS dari Suriah.

Pentagon menyampaikan pada Senin (5/3/2018), operasi militer Turki di Afrin telah menyebabkan terhentinya operasi melawan ISIS yang dilancarkan AS.

Pejabat AS mengatakan mereka tidak akan terlibat dalam pertempuran di Afrin dan merasa khawatir perang di wilayah kantong tersebut bakal mempengaruhi operasi SDF melawan ISIS.

https://internasional.kompas.com/read/2018/03/07/21582411/turki-minta-as-cegah-pasukan-aliansi-suriah-menuju-afrin

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke