Salin Artikel

Lagi, Orang Kepercayaan Trump di Gedung Putih Mundur

Namun, jika melihat pengumuman pengunduran diri yang kembali dilakukan salah satu orang kepercayaan Trump, sangat sulit menafikan rumor tersebut.

Diwartakan BBC Selasa (6/3/2018), Gary Cohn memutuskan untuk mundur dari jabatannya sebagai Direktur Dewan Ekonomi Nasional.

Dalam pernyataan resmi, pria 57 tahun tersebut mengaku sangat terhormat bisa mengabdikan diri sebagai bagian dari penasihat Trump sejak 20 Januari 2017.

"Saya bersyukur Presiden Trump memberikan saya kesempatan ini, dan berdoa semoga pemerintahannya sukses di masa depan," kata Cohn.

Mundurnya eks Presiden Bank Goldman Sachs itu jelas mengejutkan. Sebab, dia merupakan salah satu sosok di balik reformasi pajak yang dilakukan AS di akhir 2017.

BBC memberitakan, mundurnya Cohn ditengarai akibat keputusan Trump yang mengenakan tarif tinggi untuk impor baja dan aluminium.

Cohn, yang merupakan pendukung utama perdagangan bebas, sangat kecewa dengan kebijakan pemimpin ke-45 dalam sejarah AS tersebut.

Selain itu, niat Cohn untuk mundur sudah disampaikan sejak tahun lalu pasca-bentrokan di Charlottesville, Virginia, 11-12 Agustus 2017.

Bentrok antara polisi dengan pengunjuk rasa dari kaum supremasi kulit putih mengakibatkan tiga orang tewas, dua di antaranya adalah polisi.

"Seharusnya pemerintah kami bisa, malah harus, melakukan sesuatu untuk mencegah kebencian akibat warna kulit," kata Cohn saat itu dikutip dari The New York Times.

Cohn menyusul mantan Direktur Komunikasi Gedung Putih, Hope Hicks, yang mengundurkan diri pekan lalu (28/2/2018).

Dalam rilis resminya, Gedung Putih mengatakan kalau Cohn telah mengomunikasikan niatnya kepada Trump secara langsung.

Trump membeberkan Cohn sebagai sosok bertalenta yang sangat langka. "Dia melakukan pekerjaan yang sangat luar biasa dalam menyediakan reformasi pajak kepada rakyat Amerika," tuturnya.

Kemudian dalam kicauannya, Trump menyebut bakal segera mencari kandidat untuk menggantikan Cohn.

Merujuk kepada BBC, terdapat dua calon pengganti Cohn. Yakni Direktur Dewan Perdagangan Peter Navarro, atau penasihat kampanye Trump di pilpres 2016, Larry Kudlow.

"Banyak orang menginginkan jabatan ini. Jadi, saya harus memilihnya dengan sangat hati-hati," ulas presiden 71 tahun tersebut.

https://internasional.kompas.com/read/2018/03/07/13310471/lagi-orang-kepercayaan-trump-di-gedung-putih-mundur

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.