Salin Artikel

Trump Sambut Baik Hasil Pertemuan Delegasi Korsel dengan Kim

Trump memuji adanya kemungkinan perkembangan dalam kebuntuan nuklir Korea Utara, setelah Seoul mengumumkan Pyongyang bersedia untuk membahas soal penyerahan persenjataan nuklirnya untuk jaminan keamanan AS.

"Kemungkinan telah ada kemajuan yang dibuat dalam dialog dengan Korea Utara," tulis Trump dalam akun media sosial Twitter-nya menanggapi tawaran tersebut.

"Untuk pertama kalinya setelah bertahun-tahun, upaya serius telah dilakukan oleh semua pihak terkait."

"Dunia sedang menunggu dan memperhatikan. Mungkin akan menjadi sebuah harapan palsu, tapi AS siap untuk hasil apa pun," lanjut pernyataan Trump dilansir AFP.

Disampaikan Chung, kedua belah pihak telah sepakat untuk mengadakan pertemuan tingkat tinggi pada April mendatang di zona demiliterisasi yang memisahkan antara kedua wilayah Korea.

Menurut Chung, Korea Utara siap untuk melakukan dialog jujur dan terbuka dengan AS mengenai denuklirisasi dan akan menunda rencana uji coba rudal maupun nuklirnya selama dilakukannya proses dialog.

Ditambahkannya, Pyongyang siap untuk meninggalkan program persenjataan nuklirnya jika keamanan nasional dan juga kepemimpinannya, dijamin.

https://internasional.kompas.com/read/2018/03/06/23155431/trump-sambut-baik-hasil-pertemuan-delegasi-korsel-dengan-kim

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke